Polres Mojokerto Kota Gelar Kirab Merah Putih

oleh
Kapolresta AKBP Sigit Dany Setiyono bersama Forkopimda saat kirab bendera merah putih.

MOJOKERTO –  Menyambut HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Polres Mojokerto Kota  bersama forkopimda menggelar kirab Prasetya Merah Putih, Sabtu (10/8). Kirab bendera merah putih sepanjang 700 meter tersebut diikuti seluruh elemen masyarakat mulaii pelajar, ormas, TNI dan seluruh instansi dari Pemkot Mojokerto.

Sementara sejumlah pejabat yang turut dalam kirab prasetya merah putih diantaranya, Kapolres Mojokerto Kota AKBP Sigit Dany Setiyono, Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, Wali Kota Mojokerto Hj Ika Puspitasari, Wakil Wali Kota H Ahmad Rizal Zakariyah, Sekda Kota Mojokerto Harlistyati,  Sekda Kabupaten Mojokerto H Hari Suwito, Kajari Kota Mojokerto Halila Rama Purnama, serta sejumlah pejabat dari Pemkot Mojokerto.

Kapolres Mojokerto Kota AKBP Sigit Dany Setiyono  dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya menjaga dan memperkuat nilai-nilai kebangsaan, cinta tanah air sehingga persatuan dan kesatuan dapat tetap terjaga demi meneruskan perjuangan dalam mengisi kemerdekaan demi kemajuan NKRI. “Kegiatan bertajuk Prasetya Merah Putih yang di dalamnya terdapat kirab bendera Merah Putih, ikrar dan juga tentang harmoni Nusantara,” kata Sigit.

Lebih Lanjut dikatakannya,  makna di balik kirab Prasetya Merah Putih ini lebih menonjolkan pesan moral dalam memperingati HUT RI Ke-74 untuk selalu optimistis melakukan apapun demi menghargai kemerdekaan yang telah diberikan oleh para pahlawan.
“Hadiah kemerdekaan yang diberikan oleh para pejuang harus kita jawab untuk mengisi kemerdekaan ini bisa dilakukan dengan wujud persatuan dan kesatuan,” terangnya.

Menurut dia, bendera merah putih berukuran besar ini merupakan milik sejumlah komunitas budaya di Mojokerto.

Kegiatan Kirab Prasetya Merah Putih, diberangkatkan dari balai kota Mokokerto Jalan Gajah Mada menuju Taman Brantas Indah (TBI) Mojokerto, melalui route Jalan Pemuda, Jalan Gajah Mada,  Jembatan Gajah Mada, Jalan Raya Mlirip,  TBI, dan  finish.  Pengawalan patwal moge dan sedan Mazda, dengan komposisi  sedan Sabhara, AWC, pembawa desaji, pembawa bendera pakai tiang, pasukan parade,  pembawa bendera Merah Putih sepanjang 700 meter dengan lebar 3 meter, pasukan parade, dan parade kendaraan dinas

Peserta kirab berjalan, di samping kanan dan kiri sepanjang Jalan Gajah Mada sampai ke TBI/MKP. Berbaris para pelajar sekolah memeriahkan dengan mengibarkan bendera kecil Merah Putih.  Ketika  tiba di Taman Brantas Indah/Mojokerto Kawasan Pariwisata  TBI Jalan Raya Mlirip, Jetis, rombongan pemangku adat melaksanakan prosesi larung sesaji. Pada kesempatan tersebut, Kapolres Mojokerto Kota AKBP Sigit Dany Setiyono membacakan Ikrar Prasetya Merah Putih. (war/udi)