Kesalehan Individu Harus Diiringi Kesalehan Sosial

oleh
Bupati Fadeli membagikan daging kurban.

LAMONGAN – Bupati Lamongan Fadeli, Wakil Bupati Kartika Hidayati,  Sekkab Yuhronur Efendi, bersama forkopimda setempat melaksanakan Salat Id di Masjid Al Azhar, Minggu (11/8). Bertindak selaku imam dan khotib adalah H Dian Barkah dari Gresik.

Dian Barkah di kesempatan itu mengajak untuk mendasarkan setiap aktifitas pada syariat dan meniatkannya sebagai ibadah kepada Allah SWT. Menurut dia, kesalehan individu harus dibarengi dengan kesalehan sosial.

“Kesalehan ini diwujudkan dalam setiap tindakan kita dengan prinsip syariat, sebagaimana petunjuk yang telah diberikan Allah SWT dan Rasul Nya. Berjuang mengalahkan hawa nafsu, agar tindakan kita juga bermanfaat bagi masyarakat, sehingga menjadikan Islam benar-benar rahmatan lil alamin, ” kata dia.

Dia kemudian mencontohkan kesalehan sosial itu seperti dalam perniagaan hewan kurban. Yang ketika musim kurban tiba, pedagang menaikkan harga, karena memang tingginya permintaan. “Ini mengakibatkan tidak banyak yang bisa berkurban,” ujarnya.

Padahal, katanya melanjutkan, jika mengambil keuntungan yang wajar, yang memberi manfaat tidak hanya pada pedagang, tapi juga masyarakat, akan semakin banyak yang bisa berkurban.

“Siapa pun ingin dapat keuntungan dalam perniagaan, siapapun ingin punya aset yg melimpah. Tapi bagaimana perniagaan itu bisa membawa kepada kemaslahatan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Fadeli di Iduladha ini melanjutkan tradisi untuk menyumbangkan sejumlah besar hewan kurban. Tahun ini berkurban 12 ekor sapi dan 13 ekor kambing.

Puluhan hewan kurban ini dibagi merata di wilayah utara, tengah dan selatan Lamongan, termasuk di Masjid Rahmatan lil Alamin Desa Tanjung/Lamongan.

Dua ekor sapi terberat, masing-masing berbobot kurang lebih 800 kilogram disumbangkan untuk panitia kurban di Masjid Al Azhar dan Masjid Agung Lamongan. (*/udi)