Tingkatkan Kemampuan Personel

oleh
Personel Kodim Surabaya Timur mendapat arahan untuk peningkatan kemampuan kewilayahan.

SURABAYA – Kegiatan peningkatan kemampuan aparat komando kewilayahan tersebar, selain merupakan program kerja juga merupakan kebutuhan dalam menghadapi tugas sebagai ujung tombak TNI AD di wilayah. “Tujuan kegiatan ini untuk membekali sekaligus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan personel khususnya para babinsa,” ujar Dandim Surabaya Timur Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, Senin (12/8).

Sehingga, dengan pelatihan yang didapat ini, menurut La Ode, dapat mendukung pelaksanaan pembinaan teritorial. Termasuk kemampuan deteksi dini dan cegah dini demi terwujudnya kondusifitas wilayah.”Laksanakan  kegiatan dengan penuh kesungguhan agar setiap individu lebih menguasai dan memahami peran, tugas, dan tanggung jawab,” harap dia.

La Ode  juga memberikan penekanan tentang materi lima kemampuan teritorial agar betul-betul dipahami dan dimengerti oleh seluruh anggota. Yakni kemampuan temu cepat atau lapor cepat, kemampuan manajemen teritorial, kemampuan penguasaan wilayah, kemampuan pembinaan perlawanan rakyat, dan kemampuan komunikasi sosial.”Aparat komando kewilayahan khususnya babinsa memiliki peran penting dalam mewujudkan pertahanan aspek darat dan ketahanan wilayah yang tangguh di wilayah Kodim Surabaya Timur guna mendukung ketahanan nasional,” tandas dia.(tyo/be)