Babinsa Sampang Harus Berperan Aktif

oleh
Danrem Bhaskara Jaya menandatangani prasasti pembangunan musala Kodim Sampang.

SAMPANG – Danrem Bhaskara Jaya Kolonel Inf Sudaryanto mengimbau personel Kodim Sampang, khususnya para babinsa untuk terus bersinergi dengan masyarakat. Terutama dalam meningkatkan kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

“Instruksi itu merupakan penyampaian dari pangdam tentang tugas dan fungsi satkowil, terutama bagi babinsa,” kata Sudaryanto, Selasa (10/9).

Mencermati situasi saat ini, kata Sudaryanto, babinsa memiliki tugas terdepan di daerah kewilayahan. Selain pertahanan keamanan, ia menyebut jika babinsa juga memiliki tugas untuk melakukan pembinaan pertahanan wilayah.

Selain itu, komunikasi sosial yang harus dilakukan secara profesional, proposional, dan repersif. “Itu harus diterapkan di lingkungan masyarakat,” lanjut dia.

Kedatangan babinsa di masyarakat, imbuh Sudaryanto, diwajibkan untuk bisa memberikan suatu solusi dan rasa aman di lingkungan masyarakat. “Apabila ada beberapa kejadian yang ada di lingkungan masyarakat, tugas babinsa hanya sebatas memonitor dan melaporkan ke atasan langsung,” pungkas dia.(tyo/lis)