Giliran Hotel Great Disegel

oleh
Petugas Satpol PP Kota Surabaya menyegel Hotel Great di Jalan Diponegoro.

SURABAYA – Tudingan komisi A DPRD Surabaya bahwa ratusan hotel di Surabaya ditengarai  tidak memiliki izin instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dan izin penyimpanan sementara limbah B3, menjadi kenyataan.

Setelah Hotel Ibis Budget di Jalan HR Muhammad, giliran Hotel Great di Jalan Diponegoro disegel Satpol PP Kota Surabaya, Kamis (10/10). Penyebabnya sama dengan penyegelan sebelumnya, yakni Hotel Great belum memiliki tempat penyimpanan sementara limbah bahan berbahaya beracun (B3). “Iya, kita lakukan penindakan dengan penyegelan,”ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Eko Agus Supiady Sapoetro.

Menurut dia, penyegelan ini merupakan tindakan sementara.Hotel dipasangi stiker tanda silang warna merah. Stiker tersebut dipasang di pintu masuk utama, termasuk di pintu gerbang menuju hotel. Eko mengatakan, dengan adanya striker tersebut, hotel sementara ini dilarang untuk beroperasi sampai hotel tersebut memiliki tempat penyimpanan limbah B3.

“Kalau tadi (kemarin, red) masih ada tamu hotel yang bermalam di situ, tetap dipersilakan. Namun, pihak hotel dilarang menerima tamu baru setelah segel dipasang,” terang dia.

Eko menambahkan, sebelum penyegelan, DLH sudah melayangkan surat peringatan. Bahkan, sudah sekitar lima kali melakukan pembahasan tentang limbah B3 tersebut. Hasilnya, sampai sekarang DLH belum mengeluarkan izin penyimpanan sementara limbah B3 tersebut. “Tetapi pihak hotel kini sudah mengajukan izin itu,” lanjut dia.

Berapa lama hotel akan disegel atau ditutup? Eko Agus menyatakan sampai izinnya diterbitkan. Dia tidak bisa memperkirakan lamanya izin itu.”Sekarang mereka sudah konsultasi desain. Lamanya izin tergantung lama atau tidaknya desain itu diselesaikan,” ungkap dia.

Akibat penyegelan, kegiatan usaha  tersebut tak bisa berjalan normal. Para tamu terpaksa dipindah ke tempat lain.

Pihak manajemen Hotel Great Ketika dikonfirmasi soal penyegelan tidak ada di tempat.“Tidak ada, orangnya lagi keluar orangnya,”kata Putri, selaku resepsionis Hotel Great.

Karena ada penyegelan, lanjut dia, semua penerimaan tamu untuk sementara dibekukan. “Sementara kami menghentikan aktivitas,” pungkas dia.(udi/alf/be)