Kediri Nite Carnival 2019, Gudang Garam Persembahkan Kisah Dewi Sekartaji

oleh

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama Lilik Muhibbah (lambai tangan) dan jajaran Forkopimda Kota Kediri ikut berjalan dan menyapa warga Kota Kediri.

KEDIRI -Mengusung tema “Wonderland of Java – The Beautiful Qeen of Sekartaji” PT Gudang Garam Tbk mempersembahkan parade spektakuler pada Peringatan Hari Jadi Pemerintah Kota Kediri ke-1140, Sabtu (24/8) malam.

Siapa tak kenal Dewi Sekartaji. Putri Raja Kediri Prabu Lembu Amiluhur ini dikenal sangat cantik dan memiliki budi pekerti luhur.

Kecantikannya bahkan terkenal hingga seluruh pelosok negeri dan mengundang ketertarikan para kesatria. Salah satunya adalah Raden Inu Kertapati yang dikenal sebagai Panji Asmara Bangun.

Kisah romansa Dewi Sekartaji dengan Raden Panji Asmara Bangun ini sangat populer hingga ke berbagai daerah. Cerita ini juga memiliki banyak versi di tanah air (Jawa, Bali, Kalimantan) hingga di Malaysia, Thailand, Kamboja, Myanmar dan Filipina, sebagai kekayaan budaya Nusantara.

Tak sekedar mengumbar kisah percintaan, legenda Dewi Sekartaji yang bernama asli Putri Galuh Candra Kirana juga menggambarkan kejayaan Kerajaan Kadiri di masa lampau.
Kebijaksanaan seorang pemimpin serta budi pekerti luhur seorang putri inilah yang dibangkitkan kembali dalam gelaran Kediri Nite Carnival 2019.

Kecantikan Dewi Sekartaji ditampilkan secara sempurna oleh talent dengan nuansa kostum merah dan emas, sebagai gambaran kemewahan Kerajaan Kediri di masa lalu.

Mengendarai replika kuda terbang yang menarik kereta kencana bertabur bunga, puteri yang cantik jelita ini juga akan diiringi para ratu, raja, pangeran, hingga bidadari dalam alunan gending Jawa klasik.

Kepala Bidang Humas PT Gudang Garam Tbk. Iwhan Tri Cahyono menjelaskan kisah Dewi Sekartaji dipilih untuk membangkitkan kembali ingatan masyarakat Kota Kediri kepada para leluhur yang telah membangun bangsa.

“Tema ini mengandung makna kebesaran nama Kerajaan Kediri dengan taman sari kerajaan yang indah.
Jejak ini juga masih bisa kita lihat di Taman Sekartaji yang menjadi tempat kegiatan masyarakat sampai sekarang,” terang Iwhan.

Penghormatan kepada nilai kultur ini sejalan dengan nilai PT Gudang Garam Tbk. untuk selalu menjaga norma budaya Indonesia, khususnya Jawa. Kekompakan tim yang terdiri dari berbagai Lembaga seperti Humas, Transportasi, Sigaret Kretek Tangan (SKT), Sigaret Kretek Mesin (SKM), Keamanan, dan Pergudangan, juga menjadi cermin soliditas seluruh karyawan PT Gudang Garam Tbk.

Sedikitnya 50 personil terlibat dalam pertunjukan spektakuler ini.
Tak hanya di Kota Kediri, kemegahan kontingen PT Gudang Garam Tbk. ini telah sukses menyandang Predikat Terbaik I, Kostum Terbaik, Konsep Terbaik, Properti Terbaik, serta Terbanyak dimuat di media sosial dalam event Surabaya Vaganza HUT Kota Surabaya, Maret 2019.

Gelaran Kediri Nite Carnival yang tiap tahun diadakan saat Hari Jadi Kota Kediri selalu menjadi salah satu acara yang paling dinanti oleh warga Kota Kediri. Dalam gelaran Kediri Nite Carnival PT Gudang Garam Tbk juga membagikan ratusan merchandise kepada para penonton.

Pembagian merchandise ini turut menjadi daya tarik pengunjung yang menantikan kontingen PT Gudang Garam Tbk. mulai start di Memorial Park hingga finish di Balai Kota Kediri.

Dalam gelaran tahun ini, Kediri Nite Carnival kembali diramaikan oleh tampilan spesial dari daerah lain dengan berbagai tema. Seperti, Wonderful Indonesia dari Kota Malang, Malang Beach Festival dari Kabupaten Malang, Panji Galuh Kenyo Kediri dari Kabupaten Kediri, Nganjuk Bayu Carnival dari Kabupaten Nganjuk, Jember Fashion Carnaval dari Kabupaten Jember dan persembahan Tari Putri Anggrek dari Kota Tangerang Selatan.

Kediri Nite Carnival start di depan Memorial Park dan finish di depan Balaikota Kediri. Sepanjang perjalanan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama Lilik Muhibbah dan jajaran Forkopimda Kota Kediri ikut berjalan dan menyapa warga Kota Kediri di sepanjang perjalanan.

Dalam sambutannya, Abdullah Abu Bakar mengatakan Kediri Nite Carnival merupakan persembahan untuk masyarakat Kota Kediri dan umumnya untuk masyarakat Indonesia. Karena kegiatan ini merupakan agenda tahunan di Kota Kediri.

“ Alhamdulillah kita bisa hadir bersama-sama untuk menyaksikan acara tahunan Kediri Nite Carnival 2019 dalam rangka memperingati hari jadi Kota Kediri ke-1140. Sampai saat ini saya lihat Alhamdulillah pesertanya banyak sekali. Ada kurang lebih 1510 peserta dan kelompok sebanyak 136.

Ini merupakan hal yang sangat luar biasa dan memang acara ini terus kita evaluasi setiap tahunnya supaya acara ini menjadi acara keren,” ujarnya.

Wali kota yang populer disapa Mas Abu ini menjelaskan Kediri Nite Carnival ini merupakan ajang untuk menggali kreativitas. Di mana ajang ini juga dapat menjadi edukasi dan tontonan bagi masyarakat. “ Event ini adalah budaya kita yang tentu sangat banyak ragamnya. ini merupakan ajang untuk mengadu kreativitas.

Jadi tidak hanya keindahan saja. Tapi semua diadu disini. Tentu ini menjadi positif bagi kita semuanya,” jelasnya.
Sesampainya di finish, para peserta melakukan atraksi yang apik. Diantaranya, PT Gudang Garam dengan tema The Beautiful Queen of Sekartaji, Bank Jatim, dan beberapa tampilan dari sekolah-sekolah di Kota Kediri

Turut hadir dalam acara ini Forkopimda Kota Kediri, Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu HS, Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar, Ketua Dharma Wanita Kota Kediri Neki Budwi Sunu, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Kediri, camat dan lurah. (yud/tyo)