Pengunjung Warkop Gasak HP

oleh
Kedua tangan Yazid Zidan diborgol dengan diapit petugas.

SURABAYA– Minum kopi di warkop Jalan Simo Pomahan, Yazid Zidan (21), ditangkap polisi, Rabu (9/10) dini hari.

Usut punya usut, ternyata pemuda asal Jalan Demak Jaya V itu, tidak hanya sekadar menyeruput kopi tetapi juga menggasak HP milik penjualnya.

Aksi tersangka gagal karena tepergok korban dan disergap warga saat akan melarikan diri. “Dari tangan tersangka, kami juga menyita HP merek OPPO A7,” kata Kapolsek Sukomanunggal Kompol Muljono, Rabu (9/10).

Ceritanya Yazid mendatangi warkop dengan mengendarai motor Honda Beat L 2569 IE berniat cangkrukan untuk menikmati kopi sambil main internet.

Hingga tidak terasa, waktu sudah menunjukkan pukul 03.30, dan warkop mau tutup. Yazid pun hendak membayar kopi. Namun, niatnya berubah setelah melihat HP hitam milik korban yang di-charge di atas meja.

Apalagi, tersangka melihat korban mencuci piring dan gelas. Merasa mendapatkan angin, tersangka lalu cepat-cepat mencuri HP dan langsung melarikan diri.

Sedangkan korban usai mencuci bermaksud melayani pembayaran tersangka, tetapi sudah pergi dan terlihat terburu-buru hingga membuatnya curiga. “Korban lantas melihat HP-nya yang di-charge hilang, ” ungkap Muljono.

Pikirannya langsung tertuju ke Yazid yang mencurinya. Spontan korban mengejarnya dan bermaksud menegurnya baik-baik. Tapi, dia malah kabur sehingga meneriakinya maling dan tertangkap warga.

Awalnya, tersangka menolak dituduh mencuri HP. Kemudian pemilik warkop melapor ke anggota dari Mapolsek Sukomanunggal yang kebetulan patroli di sekitar lokasi dan menangkapnya.

“Saat digeledah, HP ditemukan di saku tersangka. Saat itu juga dibawa ke mapolsek,” beber Muljono.

Di hadapan penyidik, Yazid mengaku tidak berniat mencuri HP, tetapi karena ada kesempatan mencuri HP. “Bila berhasil rencana akan saya jual tapi keburu ketahuan,” kata Yazid. (rio/fer)