Tanamkan Bela Negara pada Maba

oleh
Pasi Persdim Surabaya Utara Kapten Inf Iwan Hadi memberikan pengarahan pada para mahasiswa.

SURABAYA – Pasi Persdim Surabaya Utara Kapten Inf Iwan Hadi memberikan pembekalan materi bela negara dan wawasan kebangsaan kepada 250 orang mahasiswa baru (maba) Universitas Wijaya Putra di aula kampus di Jalan Raya Benowo.

“Generasi muda harus mengerti sejarah bangsa, agar kita memiliki rasa kebanggaan dan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebagai mahasiswa, harus bisa mencerninkan nilai luhur Pancasila agar selalu menghormati dan menghargai perbedaan dan keragaman,” ujar Iwan.

Menurut Iwan, Bhinneka Tunggal Ika merupakan alat pemersatu bangsa apapun agamanya, apapun sukunya dari manapun asalnya tetap satu dalam bingkai NKRI. Sehingga, sebagai mahasiswa tetap menjaga kebhinnekaan dan menjaga persatuan untuk keutuhan NKRI.

“Letak geogafis NKRI yang merupakan jalur alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) yang sangat geografis, membuat negara asing ingin menguasai,” imbuh Iwan.

Sehingga sebagai warga negara harus bertanggungjawab agar hal tersebut jangan sampai terjadi dan harus dijaga.

Sementara perwakilan dari BNN Provinsi Jawa timur, Sujud, menyampaikan bila generasi muda harus menghindari narkoba yang sudah merajalela diberbagai kalangan. Karena narkoba musuh bersama, apabila generasi muda sudah terpengaruh dengan narkoba, bagaimana di masa depan dapat diandalkan.

“Generasi muda harus tahu bagaimana cara menguasai diri dan mengendalikan diri agar tidak mudah terpengaruh dengan narkoba,” kata Sujud.(tyo/lis)