Tertimpa Pohon Tumbang, Satu Pemotor Tewas, Dua Luka

oleh
Jenazah Sudarto dievakuasi ke ambulans dan dibawa ke RS Bhayangkara Polda Jatim.

SURABAYA– Nasib tragis menimpa Sudarto (42), asal Sidorukun, Lamongan. Pria ini tewas tertimpa pohon jenis lamtoro di depan RSAL Jalan Ahmad Yani, Kamis (10/10) Siang.

Saat kejadian, korban mengendarai motor seorang diri. Selain menewaskan Sudarto, pohon yang tumbang itu juga menyebabkan dua pemotor lain mengalami lecet dan patah tulang.

Dua orang tersebut yakni Aryono Tresno Raharjo Putro (32), warga Taman Darmo Permai Utara dan Anak Agung Intan Purnama Sari (26), asal Pasuruan.

Intan, saksi sekaligus korban, mengatakan waktu itu dirinya bersama temannya berboncengan motor melaju dan berada di samping motor Sudarto. Ketika melintas di Jalan Ahmad Yani tiba-tiba sebuah pohon lamtoro tumbang.

“Pohon yang tumbang tersebut menimpa kami bertiga. Kalau saya dan teman terkena rantingnya. Sedangkan bapak itu (korban, red) tertimpa batangnya. Kendaraan korban jatuh ke depan dan tubuhnya  terpelanting ke belakang,” beber Intan di lokasi, kemarin.

Sementara itu, Kanit Lantas Polsek Wonokromo AKP Zainur Rofik membenarkan jika pohon yang tumbang tersebut menyebabkan satu orang tewas karena luka di kepalanya, untuk dua pengendara yang berboncengan mengalami lecet dan patah tulang.

“Ada tiga korban akibat laka tunggal tertimpa pohon tumbang tersebut. Yang satu identitasnya bernama Sudarto, meninggal di tempat akibat tertimpa pohon. Sedangkan  dua korban lain mengalami lecet dan patah tulang akibat tertimpa rantingnya,” terang Zainur.

Zainur menambahkan, jenazah korban telah dibawa ke RS Bhayangkara Polda Jatim, sedangkan dua  korban lain dilarikan ke RS Darmo. Terpisah, Kanitreskrim Polsek Wonokromo Ipda Arie Pranoto mengatakan, penyebab tumbangnya pohon diduga akibat angin kencang. Lantaran akar pohon keropos sehingga tidak mampu menahan tiupannya.

“Dugaannya ketika angin kencang, akar pohon tidak mampu menahan sehingga pohon tumbang dan menimpa tiga pengendara motor,” pungkas mantan Panit Reskrim Polsek Tegalsari itu.

Di hari yang sama, kejadian pohon tumbang hingga menimpa orang juga terjadi di Jalan Kertajaya. Dari informasi yang dihimpun, korban terluka akibat kejadian tersebut adalah Samsul Hadi.

Ketika dikonfimasi Memorandum, Kanit Lantas Polsek Gubeng Ipda Selamet Wahyudjianto mengatakan jika pohon  yang tumbang tersebut posisinya berada di depan rumah korban.

“Saat itu, korban keluar rumah hendak mengendarai motornya. Ketika menyalakan mesin kendaraan, tiba-tiba pohon tumbang dan menimpa tubuhnya,” kata Selamet.

Lanjut Selamet, akibat tertimpa pohon membuat Samsul mengalami patah lengan kanan dan langsung dibawa ke rumah sakit. “Korban sudah dilarikan ke rumah sakit dan pohon yang tumbang tersebut telah disingkirkan dari badan jalan,” pungkas Selamet. (x-3/nov)