Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Pendidikan Surabaya

1.000 Buku Karya Guru Surabaya Siap Diluncurkan

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Supomo

Surabaya, memorandum.co.id -Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya akan menerbitkan 1.000 buku karya para guru se-Surabaya. Buku itu akan diluncurkan pada puncak peringatan Hari Guru Nasional, 25 November 2020.


Kepala Dispendik Kota Surabaya Supomo mengatakan demi mewujudkan Kota Surabaya sebagai Kota Literasi, maka Dispendik membuat Program Sasek Sabu (Satu Sekolah Satu Buku). Buku-buku ini adalah karya tulis para guru mulai dari jenjang TK, SD, dan SMP se-Kota Surabaya, serta karya tulis dari pengawas dan penilik sekolah. “Mereka adalah guru yang diberi tugas tambahan. Para guru ini bisa menuliskan pengalaman yang sudah dilalui,” kata Supomo, Sabtu (17/10).


Ia menjelaskan, program ini segaja dibuat untuk terus mengasah kreativitas para guru.  “Sudah ada beberapa sekolah yang mengumpulkan buku dari karya para guru ini. Temanya bermacam-macam, sesuai dengan keahlian masing-masing guru,” ungkapnya.

baca juga :  Lembaga Pendidikan Swasta Wajib Perpanjangan Izin Operasional

Sedangkan Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dispendik Kota Surabaya Mamik Suparmi menambahkan, karya buku bisa berupa antologi atau kumpulan tulisan para guru, kumpulan esai, kumpulan artikel, hasil karya tulis ilmiah (KTI), maupun karya inovasi guru. “Satu buku minimal 60 halaman. Itu di luar cover, daftar isi, kata pengantar, serta daftar pustaka,” ujar Mamik.

Sebelum mengumpulkan buku-buku tersebut, lanjut Mamik, para guru harus mendaftarkan secara online terlebih dahulu. Pendaftaran online disertai dengan mengunggah (upload) file buku dalam bentuk PDF disertai surat pertanggungjawaban mutlak (SPTJM) dari kepala sekolah masing-masing. (udi/gus)

baca juga :  Majukan Pendidikan, Gelar Seminar Ilmiah Guru
Reporter : Syaifuddin

baca juga

Tatap Muka Dibuka, Warga Sekolah Harus Sehat Semua

Agus Supriyadi

Siswa SD dan SMP di Surabaya Bisa Belajar Daring lewat Televisi

Aziz Manna Memorandum

Sebelum Buka Sekolah, Pemkot Surabaya Pastikan Guru, Siswa, Pegawai Sehat Semua

Aziz Manna Memorandum