Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Pendidikan

10 Mahasiswa Universitas Narotama Ikuti Pelatihan di Perusahaan Jepang

Herlambang Nurwachid Bagus Sajiwo

Surabaya, memorandum.co.id – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi memiliki 8 program yang salah satunya adalah Magang Berkualitas dan Studi Independen (MBSI).

Dalam implementasinya, 10 mahasiswa Universitas Narotama (UN) Surabaya dinyatakan lulus seleksi Angkatan 1 Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka tahun 2021.


Salah satunya adalah Herlambang Nurwachid Bagus Sajiwo. Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama ini lolos untuk mengikuti pelatihan Digital Leadership through Coding di PT Progate Global Indonesia, yang merupakan perusahaan multinasional berlokasi di Tokyo, Jepang.

baca juga :  Mahasiswa Dituntut Kritis, Kritik Etis

Pelatihan tersebut akan dilaksanakan selama 3 bulan mulai 30 Agustus-24 Desember 2021 secara online. Herlambang mengatakan sangat bersyukur karena program Magang Berkualitas dan Studi Independen (MBSI) Kampus Merdeka sudah memberinya kesempatan untuk mengikuti pelatihan di perusahaan multinasional.

Dalam pelatihan tersebut, Herlambang akan mempelajari pemrograman website, di mana output dari program tersebut adalah peserta diharapkan mahir dalam bahasa pemrograman javascript terutama Node.js.

“Saya dari awal sudah mengincar perusahaan ini karena saya suka dengan metode belajarnya. Apalagi juga saya memang ingin mempelajari pemrograman lebih dalam lagi,” ujar mahasiswa semester 7 Program Studi Sistem Informasi itu, Kamis (26/8/2021).

baca juga :  Rektor Universitas Narotama Bagikan Strategi Penulisan Penelitian

Mahasiswa kelahiran 5 Oktober 2000 itu menambahkan, pelatihan ini adalah impiannya yang menjadi nyata karena sejak SMK ia sudah mengidam-idamkan bisa bekerja di Jepang, dan ia berharap semuanya bisa bermula dari pelatihan ini.

“Saya suka sekali dengan suasana di Jepang dan jika nantinya mimpi saya tidak terwujud pun, setidaknya saya sudah pernah mengikuti pelatihan dengan perusahaan Jepang,” tuturnya.

Herlambang berharap ia bisa mengingkatkan kemampuan pemrogramannya dan bisa menjadi bekal yang lebih kuat untuknya meraih cita-cita menjadi ahli IT di perusahaan besar seperti Google, Gojek dan sejenisnya.

baca juga :  Mahasiswi Narotama Beberkan Tips dan Trik Juarai Kompetisi Akuntansi

“Tentunya saya ingin mengejar mimpi saya bekerja di luar negeri juga, terutama di Jepang,” kata lulusan SMK Negeri 10 Surabaya itu.

Rektor Universitas Narotama Dr Ir H Sri Wiwoho Mudjanarko ST MT IPM sangat mengapresiasi kemauan yang kuat dari mahasiswa untuk mengikuti seleksi program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka (MSIB) Kampus Merdeka.

“Program tersebut akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman pembelajaran yang bagus di luar kampus. Semoga berhasil,” pesan pria yang akrab disapa Iwan itu. (mg3)

Reporter : Alif Bintang

baca juga

Universitas Narotama Manfaatkan Program Kampus Merdeka Sebaik Mungkin

Aziz Manna Memorandum

Rektor Universitas Narotama Bagikan Strategi Penulisan Penelitian

Aziz Manna Memorandum

Pandemi Covid-19 Membuat Sumber Daya Manusia Harus Adaptif

Ferry Ardi Setiawan