Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jatim

129 WNI Repatriasi Jalani Periksaan di TPI Bandara Juanda

Pekerja migran menjalani pemeriksaan dokumen oleh petugas imigrasi di Bandara Juanda.

Sidoarjo, memorandum.co.id – Petugas Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, melakukan pemeriksaan keimigrasian kepada 129 repatriasi WNI dari Malaysia di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Internasional Bandara Juanda, Sabtu (22/1/2022).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Chicco A Muttaqin mengatakan, pemulangan para repatriasi merupakan pekerja migran Indonesia (PMI) itu dilakukan sebagai bagian dari fungsi imigrasi yang salah satunya adalah keamanan negara.

“Karena masih dalam situasi pandemi, pemeriksaan ini dilakukan dengan menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Petugas yang melakukan pemeriksaan diwajibkan mengenakan alat pelindung diri (APD),” ujar mantan Atase Imigrasi pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Hongkong ini.

Pada pemulangan pertama kali di bukan Januari sejak dibukanya kembali Bandara Juanda setelah empat bulan lalu ditutup, mendapat pengawalan ketat petugas terkait. 129 WNI itu terdiri dari 62 laki-laki dan 57 perempuan serta 10 anak-anak.

“Mereka ini tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya dari Kuala Lumpur Malaysia dengan menggunakan penerbangan Malaysia Airlines,” sambung Chicco.

Selanjutnya seluruh WNI yang baru tiba melakukan pengambilan Tes PCR dan menjalankan proses karantina selama 5 hari di Asrama Haji Sukolilo. (mik/gus)

Reporter : Sujatmiko

baca juga

Timpora Surabaya Operasi Gabungan Sisir 2 Lokasi Pekerja Asing

Aziz Manna Memorandum

Sidak Imigrasi Perak, Wamenkumham: Pantas Mendapatkan WBBM

Aziz Manna Memorandum

New Normal, Imigrasi Surabaya Sosialisasikan Aturan Baru Orang Asing

Aziz Manna Memorandum