Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jombang

2021, Bapemperda DPRD Jombang Dorong 18 Raperda

Kantor DPRD Jombang

Jombang, memorandum.co.id – Untuk program legislasi daerah (Prolegda), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Jombang akan mendorong 18 rancangan peraturan daerah (raperda) di tahun 2021.

Ketua Bapemperda DPRD Jombang, Muhamad Muhaimin mengungkapkan, ada dua raperda yang gagal dibahas pada tahun 2020. Yaitu Raperda tentang perubahan atas Perda No 21 Tahun 2009 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Jombang.


“Dan satunya yakni Raperda tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B). Untuk prolegda pada tahun 2021 sudah digedok” ungkapnya, Rabu (30/12/2020).

baca juga :  Hearing dengan Tiga Perusda, Dewan Jombang Pertanyakan Progres

Muhaimin menjelaskan, dari 18 raperda yng akan dibahas, yang 14 merupakan raperda partisipatif dan satu raperda inisiatif dewan.

”Tiga merupakan kumulatif terkait dengan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah),” jelasnya.

Muhaimin memaparkan, untuk 14 raperda partisipatif yaitu, Penambahan Modal Perumda Tirta Kencana, Penambahan Modal Perumda Panglungan, Penambahan Modal Perumda Aneka Usaha Seger, Perumda Pasar.

“Perubahan Keempat Atas Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Jombang, Penanggulangan Bencana, Revisi RPJMD 2018-2023 Barang Milik Daerah,” paparnya.

baca juga :  Proyek Puskesmas Mojowarno Banyak Kecurangan

Kemudian, lanjutnya, Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Jombang Nomor 21 Tahun 2009 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Jombang, Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B).

“Rencana Pembangunan Industri Kabupaten Jombang Tahun 2020-2040, Lalu lintas dan Angkutan Jalan, Lembaga Keuangan Desa. Dan terakhir, Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah,” ujarnya.

Muhaimin menerangkan, untuk yang inisiatif dari dewan, yaitu Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. Ia pun yakin, jika 18 raperda untuk tahun bisa disahkan menjadi Perda.

“Seperti RTRW, Insyaallah juga tuntas tahun depan. Maka dari itu saya berharap, eksekutif segera mempersiapkannya,” pungkasnya. (yus)

baca juga :  Hendak Kunker, 4 Anggota DPRD Jombang Reaktif Covid-19
Reporter : Biro Mojokerto

baca juga

Proyek Puskesmas Mojowarno Banyak Kecurangan

Agus Supriyadi

Perpres 33/2020 Turun, Uang Saku Dewan Dipangkas

Aziz Manna Memorandum

Pemkab Siapkan Rp 160 Miliar untuk Penanganan Covid-19, Begini Kata Ketua DPRD Jombang

Ferry Ardi Setiawan