Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Pendidikan

3 Hari Galang Dana, Mahasiswa UMS Raup Rp 10 Juta

Mahasiswa UMS turun aksi galang dana kemanusiaan.

Surabaya, memorandum.co.id – Tak henti-hentinya mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) melakukan aksi kemanusiaan. Itu ditenggarai rentetan musibah yang melanda sebagian wilayah di Indonesia.

Aksi sosial bertajuk ‘Peduli Banjir, Peduli Rakyat’ kemudian mereka lakoni dengan turun ke jalan guna menggalang dana bagi korban banjir di Jombang, Jawa Timur. Adapun aksi dilangsungkan selama tiga hari terhitung sejak tanggal 10 Februari.


“Penggalangan dana tersebut merupakan bentuk kepedulian untuk membantu dan meringankan beban terhadap korban bencana, khususnya daerah Jombang. Apalagi banyak teman saya yang satu Universitas juga terdampak banjir di sana,” tutur Harun, ketua pelaksana aksi, Minggu (14/02/2021).

baca juga :  Mahasiswa UMS Gelar Aksi Solidaritas Peduli Bencana Gunung Semeru

Sembari mengenakan jas almamater kebanggaan, ratusan mahasiswa UMS turun pada tiga titik pusat aksi di antaranya berada di simpang empat Mulyorejo, TL (traffic light, red) Unair Kampus C, dan TL Galaxy Mall.

“Namun kami tetap izin kepada polsek setempat serta yang tidak kalah penting kami juga menerapkan prokes ketat mengingat pandemi belum usai,” tambah Harun.

Dalam aksi tersebut, dana yang berhasil dikumpulkan oleh mahasiswa UMS mencapai Rp 9.972.200. Mereka lantas bersyukur serta bangga mengingat upaya tersebut membuahkan kebaikan dan bermanfaat bagi korban banjir khususnya di Jombang.

baca juga :  Mubaligh Terdampak Corona Terima Paket Sembako

“Kebaikan tidak boleh ditunda. Bagaimanapun kita harus mengajak orang untuk padu lakukan hal serupa karena ini juga untuk membangun bangsa,” kata Niken, salah satu peserta yang ikut aksi.

Sementara itu, Dendi Yusuf selaku koordinator mengaku memiliki kendala terkait aksi penggalangan dana yang kerap dilakoni mahasiswa UMS. Hal itu lantaran dibatasi dan tidak bisa lama.

“Mengenai perizinan kami hanya diizinkan turun ke jalan selama satu jam, harapannya bisa sedikit lebih lama agar hasil yang didapatkan bisa maksimal,” ungkap Dendi.

baca juga :  Peringati 16 Tahun Tsunami Aceh, Mahasiswa UMS Gelar Aksi Teatrikal

Nantinya, perolehan dari hasil penggalangan dana tersebut akan dikonversi dalam bentuk paket serta donasi sembako. Dan akan dikirim ke lokasi terdampak banjir di Kecamatan Banjarkedungmulyo. (mg3/udi)

baca juga

Peringati 16 Tahun Tsunami Aceh, Mahasiswa UMS Gelar Aksi Teatrikal

Aziz Manna Memorandum

Mubaligh Terdampak Corona Terima Paket Sembako

Agus Supriyadi

Mahasiswa UMS Gelar Aksi Solidaritas Peduli Bencana Gunung Semeru

Ferry Ardi Setiawan