Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Metropolitan

40 Juru Sembelih Ikuti Workshop Potong Unggas

Wemmi Niamawati

Surabaya, Memorandum.co.id – Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur (Disnak Jatim) telah melaksanakan kegiatan Workshop Penatalaksanaan Pemotongan Unggas yang diikuti 40 peserta dari juru sembelih ayam di pasar-pasar Kota Surabaya (Wonokromo, Pucang, Keputran Selatan, Dukuh Kupang, Tambak Rejo, Asem Rowo dan Gentengkali).

Kepala Disnak Jatim Wemmi Niamawati mengatakan, tujuan terselenggaranya workshop   mewujudkan kesehatan dan untuk memberikan tambahan wawasan bagi masyarakat khususnya pemotong ternak potong/unggas agar mengetahui proses pemotongan hewan secara syar’i dan memenuhi aspek kesejahteran hewan.


“Selain itu, menjamin ketenteraman batin masyarakat melalui penyediaan daging yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) yang beredar di Masyarakat , dan merubah pola pikir dan pandangan masyarakat umum dari cara tradisional menjadi higienis untuk memperoleh daging ASUH,” kata Wemmi, Senin (4/11).

baca juga :  Jelang Natal dan Tahun Baru, Daging Kerbau India Serbu Jatim

Ia juga mengingatkan, ternak potong khususnya unggas yang akan dipotong harus dalam kondisi sehat dan tetap mewaspadai akan penyakit yang bisa menular dari hewan ke manusia yang disebut dengan istilah zoonosis. Sebagai contoh penyakit zoonosis pada unggas misalnya AI (Avian Influenza). Dalam hal ini diperlukan pemeriksaan sebelum ternak unggas dipotong yang dikenal dengan istilah antemortem.

“Sedangkan daging serta jerohan ternak unggas potongnya harus diperiksa melalui pemeriksaan post-mortem yang semuanya itu dilakukan oleh petugas kesehatan hewan dan kesmavet yang berwenang serta telah dinyatakan aman dan layak untuk dikonsumsi manusia,” terangnya.(why/udi)

baca juga

Pasar Seret Akibat Covid-19, Disnak Minta Pedagang Ambil Unggas di 24 RPU Jatim

Aziz Manna Memorandum

Kontrol Impor Daging Lemah

Agus Supriyadi

Jelang Natal dan Tahun Baru, Daging Kerbau India Serbu Jatim

Agus Supriyadi