Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Beranda » Tapal Kuda » Lumajang » AKBP Adewira Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Pasar Baru
Lumajang

AKBP Adewira Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Pasar Baru


Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar bersama forkopimda sidak di Pasar Baru Lumajang.

Lumajang, Memorandum.co.id – Barbagai macam cara atau langkah sudah dilakukan oleh pemerintah agar masyarakat tidak terpapar coronavirus disease 2019 (Covid-19). Salah satunya adalah mendatangi tempat-tempat berkumpulnya warga untuk melakukan sosialisasi dan pemahaman tentang virus corona.

Seperti yang dilakukan Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar bersama forkopimda dan pejabat utama Polres Lumajang sidak Pasar Baru Lumajang.

Di sana, kapolres dan forkopimda mengimbau masyarakat yang belanja, khususnya para pedagang agar lebih waspada guna mencegah penyebaran virus corona yang sedang marak, Selasa (24/3) pagi.

Pada kesempatan itu, kapolres berpesan agar masyarakat membatasi bepergian untuk sementara waktu. Pihaknya mengimbau, agar warga Lumajang untuk sementara waktu berdiam diri di rumah masing-masing agar tidak terhindar dari virus yang mematikan tersebut.

“Mohon bapak-ibu lebih banyak berdiam diri di rumah, jangan banyak keluar rumah dulu, batasi bertemu dengan masyarakat dari luar daerah apalagi luar negeri, kalau ke pasar setelah dari pasar langsung kembali, makan makanan bergizi, perbanyak makan buah dan sayur, daun kelor ini bagus,” imbau AKBP Adewira.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengklarifikasi isu hoax mengenai penutupan pasar di Lumajang. Bupati menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengeluarkan kebijakan penutupan pasar, namun meski begitu ia tetap mengimbau agar masyarakat tetap menggunakan masker dan menerapkan social distancing agar terhindar dari kemungkinan terjangkit virus corona.

“Kalau ada yang bilang pasar ditutup itu bohong, hoax, pasar tetap berjalan sebagaimana biasanya namun tetap dilakukan langkah-langkah pencegahan,” ujar Bupati.

Wakil Bupati Indah Amperawati yang ikut dalam rombongan berpesan, agar para pedagang maupun pembeli di pasar agar tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Ia juga menjelaskan bagaimana etika batuk dan bersin ketika berada di tempat umum.

Wakil bupati yang akrab disapa Bunda Indah itu meminta, agar masyarakat tidak menggunakan telapak tangan untuk menutupi namun menggunakan tisu atau siku tangan dalam apabila batuk atau bersin.

“Jaga kebersihan, sesering mungkin cuci tangan, begitu dari pasar langsung cuci tangan, ganti baju kalau perlu mandi, jangan lupa kalau salat berdoa supaya masyarakat dihindari dari virus corona dan segala penyakit,” pungkasnya. (tri/fer/gus)

Editor / Reporter

baca juga

AKBP Adewira Kunjungi Perum yang Sadar Physical Distancing

Agus Memorandum

Pengendara di Perempatan Adipura Lumajang Disemprot Disinfektan

Agus Memorandum

Kapolres Lumajang Bersama Forkopimda Semprotkan Disinfektan

Agus Memorandum