Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

Akselerasi Herd Immunity, Ditpolairud Polda Jatim Gencar Vaksinasi Warga Pesisir dan Nelayan

Dirpolairud Polda Jatim Kombes Pol Arnapi mendampingi Kabagopsnal dan TIK Korairud Baharkam Polri, Kombes Pol Tubuh Musareh.

Surabaya, memorandum.co.id – Dalam upaya mendukung pemerintah dalam program akselerasi vaksinasi, Ditpolairud Polda Jatim terus memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi bagi warga pesisir, nelayan, dan ABK kapal.

Hal itu disampaikan oleh Kabagopsnal dan TIK Korairud Baharkam Polri, Kombes Pol Tubuh Musareh didampingi Dirpolairud Polda Jatim Kombes Pol Arnapi serta pejabat utama lainnya saat meninjau langsung proses vaksinasi di Mako Ditpolairud Polda Jatim, Kamis (9/9).


Kala itu masyarakat khususnya nelayan dan warga di pesisir Surabaya sangat antusias mendatangi gerai vaksin merdeka yang digelar Ditpolairud Polda Jatim. Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 07.30 itu merupakan vaksinasi tahap 1 yang diikuti sekitar 150 orang.

Para peserta mengikuti vaksin dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Semua peserta mengenakan masker dan menjaga jarak serta antre dengan tertib.

baca juga :  Ditpolairud Polda Jatim Ungkap 48 Kasus Penangkapan Ikan Jenis Trawl

Kabagopsnal dan TIK Korairud Baharkam Polri, Kombes Pol Tubuh Musareh menyampaikan, kegiatan vaksinasi ini untuk memberikan layanan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Olah karenanya, Ditpolairud Polda Jatim terus menggencarkan vaksinasi tersebut.

“Memang luar biasa dalam rangka mendukung program pemerintah, Ditpolairud Polda Jatim terus melayani masyarakat dalam vaksinasi Covid-19,” kata Tubuh.

Dengan begitu, kegiatan vaksinasi ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya dari Ditpolairud Polda Jatim membangun herd immunity sekaligus memotong rantai penyebaran pandemi Covid-19 di masyarakat.

“Kita kedepankan melayani masyarakat. Harapan kami dengan pelaksanaan vaksinasi ini, supaya herd immunity bisa tercapai,” imbuhnya.

Pihaknya memberikan apresiasi jajaran Ditpolairud Polda Jatim yang terus menggencarkan vaksinasi.

baca juga :  Cegah Kecelakaan Laut, Ditpolairud Polda Jatim Minta Nelayan Tidak Melaut

“Saya apresiasi Dirpolairud Polda Jatim yang peduli dengan masyarakat, salah satunya gencar vaksin. Sehingga hal tersebut dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi ini,” jelasnya.

Sementara itu, Dirpolairud Polda Jatim Kombes Pol Arnapi menurutkan, nelayan dan masyarakat pesisir menjadi fokus pelayanan Ditpolairud Polda Jatim.

“Selain vaksinasi, kami juga memberikan bantuan sembako pada nelayan dan warga pesisir baik di wilayah Surabaya maupun sekitarnya. Bantuan ini semoga bisa sedikit meringankan beban mereka di saat pandemi seperti ini,” kata Arnapi.

Selain baksos pembagian sembako, Ditpolairud Polda Jatim juga jemput bola untuk melakukan vaksinasi terapung.

“Bagi nelayan atau ABK yang belum vaksin bisa langsung divaksin di atas perahu atau kapal. Ini dilaksanakan untuk percepatan vaksinasi dan meringankan beban mereka,” jelasnya.

baca juga :  HBA ke-60, Sering Lakukan Kegiatan Bersama Kejaksaan

Lebih lanjut Arnapi menjelaskan, anggotanya secara mobile menuju ke perahu nelayan maupun kapal yang menunggu untuk berlabuh. Petugas ini akan menanyakan langsung apakah sudah vaksin atau belum. Jika belum, kemudian menghubungi kapal tenaga kesehatan (nakes).

“Ini nanti yang akan memvaksinasi nelayan tersebut. Banyak dari nelayan yang sudah kami vaksin.Kami laksanakan vaksin di perkampungan warga juga. Warga pesisir harus tetap terjangkau,” terangnya.

Dengan vaksin tersebut, Arnapi berharap para nelayan dapat melaut dengan tenang pada situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang.

“Kegiatan seperti ini akan terus kami lakukan untuk membantu masyarakat, khususnya masyarakat nelayan dan warga pesisir,” pungkasnya. (alf)

Reporter : Alfin

baca juga

Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Jatim Gagalkan Penyelundupan Ribuan Benur Lobster

Ferry Ardi Setiawan

Polda Jatim Gagalkan Penyelundupan Ribuan Benur Lobster Ilegal

Ferry Ardi Setiawan

Polairud Polda Jatim Bantu Jaringan Internet untuk Siswa SD Tajungan

Aziz Manna Memorandum