Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Headline polresta sidoarjo

Alap-alap ATM Minimarket Diringkus

Alap-alap ATM saat diringkus polisi

Sidoarjo, Memorandum.co.id – Penangkapan pelaku pembobol ATM di Alfamart Jalan Raya Trosobo, Desa Trosobo, Kecamatan Taman berlangsung dramatis. Pelaku yang ada di dalam minimarket Alfamart dikepung tim gabungan Polsek Taman dan Satreskrim Polresta Sidoarjo beserta warga sekitar.


Sekitar pukul 06.00 WIB, Kamis (19/11/2020), pelaku yang bernama Sugeng Supriyono (40), warga Jalan H. Syukur, Kelurahan Sedatigede, Sidoarjo itu berhasil ditangkap tanpa perlawanan.


Kanit Reskrim Polsek Taman, Iptu Sugiono menceritakan, awal mula penangkapan pelaku pembobolan ATM yang berada di Alfamart Jalan Raya Trosobo itu bermula sekitar pukul 02.35 WIB sewaktu Januarianto pekerja PT. Abacus bagian monitoring berkeliling melihat area ATM Alfamart mengalami problem.

baca juga :  Gondol Mobil di Surabaya, Dibekuk di Sidoarjo

“Selanjutnya Januarianto menghubungi petugas bagian lapangan,” katanya.

Usai dihubungi, petugas yang bernama Iwan langsung mengecek lokasi. Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata salah satu sudut pintu harmonika Alfamart rusak atau berlubang bekas dilas. Iwan pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke bagian monitoring.

“Mendapatkan laporan tersebut, bagian monitoring langsung melaporkan ke petugas piket Polsek Taman,” paparnya.

Mendapat laporan tersebut, petugas piket Reskrim Polsek Taman langsung mendatangi TKP. Saat petugas di TKP, ternyata tersangka masih berada di dalam Alfamart. Petugas Polsek Taman yang dibantu anggota Satreskrim Polresta Sidoarjo mengepung minimarket tersebut.

Tersangka Sugeng Supriyono mengetahui jika dirinya dikepung berusaha melarikan diri lewat atap dengan cara menjebol plafon namun tidak berhasil.

baca juga :  Warkop di Sidoarjo Dirusak Pesilat

“Tersangka bisa menjebol plafon, namun tak dapat menjebol atap seng,” terangnya.

Tak lama kemudian, sekitar pukul 06.00 WIB, karyawan Alfamart datang untuk membuka pintu. Saat itulah tersangka sudah siap di balik pintu harmonika dengan mengangkat kedua tangannya. Sedangkan teman Sugeng Supriyono yang berinisial SP yang bertugas jaga di depan berhasil melarikan diri sewaktu petugas datang.

“Teman tersangka Sugeng dalam pengejaran,” ujarnya.

Modus tersangka dalam membobol ATM ini adalah modus lama. Dengan cara memotong pintu harmonika dengan menggunakan las. Setelah berhasil masuk, tersangka memotong rantai di pintu kaca dan selanjutnya merusak mesin ATM menggunakan las.

baca juga :  Cegah Penyebaran Covid-19, Polsek Taman Bersama Satbrimob Polda Jatim Semprotkan Disinfektan

“Modus yang digunakan tersangka adalah modus lama,” terangnya.

Dari keterangan tersangka, selain membobol ATM di Alfamart Trosobo, ia juga sudah membobol ATM sebanyak 4 kali. Di antaranya di Menganti Gresik, Mojokerto Kota, Pilang Wonoayu dan depan Maspion 3 Desa Seruni Gedangan Sidoarjo.

Selain mengamankan pelaku, petugas juga menyita barang bukti berupa tabung oksigen, tabung LPG, linggis kecil, potongan pintu harmonika, gembok beserta rantai, helm gojek dan benner ukuran 1×1,5.

“Banner ini untuk menutupi tersangka saat melakukan pengelasan,” pungkasnya.(ags/jok)

Reporter : Biro Sidoarjo

baca juga

Warkop di Sidoarjo Dirusak Pesilat

Ferry Ardi Setiawan

Usai Nikah Tak Punya Parabotan, Nekat Bobol Toko Largo Kenjeran, Kuras Uang di Brankas

Aziz Manna Memorandum

Sepi Garapan, Pekerja Proyek Bobol Toko Sembako di Sambikerep, Gondol 5 Kantong Beras

Aziz Manna Memorandum