Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jember

Anang Pujianto Hanya Unggul 3 Suara Lawan Arba’in dalam Pemilihan Ketua RT

Anang Pujianto (Baju merah) diapit Lurah Kepatihan Nanang Suwono dan panitia PilRT

Jember, Memorandum.co.id – Pandemi Covid-19 tidak mengurangi semangat masyarakat untuk melaksanakan pesta demokrasi di tingkat paling bawah. Melalui Pemilihan Ketua RT 05 RW 024, Lingkungan Kebondalem Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Kaliwates digelar layaknya pemilihan umum dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Kegiatan dilaksanakan, Kamis (7/1/2021), di depan Musholla Al-Muta’allimin Kebondalem blok 1, RT 05, RW 024, Kelurahan Kepatihan Kecamatan Kaliwates.


Panitia mengatur jalannya proses pemilihan, mulai dari pendaftaran peserta, pencoblosan, hingga penghitungan sura. Semua dilakukan dengan mengedepankan protokol Covid-19.

baca juga :  Penegak Hukum Jember Sepakat Beri Pelayanan Pencari Keadilan dengan Cepat, Efektif dan Efisien

Ketua Panitia Pemilihan, Mulyadi mengatakan, dalam pesta demokrasi yang biasanya diikuti seluruh masyarakat yang memenuhi persyaratan, kali ini hanya diikuti Kepala Keluarga (KK).

“Satu KK hanya memiliki 1 hak suara. Sehingga, tidak begitu menimbulkan kerumunan,” kata dia.

Selain itu, pelaksanaan pencoblosan juga dibatasi mulai pukul 07.00-11.00 wib. Para pemilih, juga diatur waktu datang ke TPS. Sehingga tidak bersama-sama.

Dalam proses penghitungan suara calon nomor urut 1 Arba’in mendapatkan 23 suara, dan nomor urut 2 Anang Pujianto mendapatkan 26 suara. Sedangkan suara tidak sah 2 suara. Secara otomatis, nomor urut 1 Anang Pujianto ditetapkan sebagai ketua RT 05.

baca juga :  Bejat, 8 Pria Gilir Gadis di Bawah Umur di Perkebunan

“Dari 52 KK daftar pemilih, hadir untuk memberikan hak suaranya sebanyak 51 KK, atau 99 persen lebih yang hadir,” kata dia.

Menurut Mulyadi pemilihan Ketua RT secara langsung ini, sebagai wujud demokrasi ditingkat paling bawah.

“Harapan Panitia dan seluruh warga untuk ketua RT yang baru semoga amanah dan bisa lebih memajukan warga dengan tidak menyalah gunakan jabatannya untuk yang di luar kewenangannya,” kata Mulyadi

Sementara Lurah Kepatihan, Nanang Suwono didampingi Haris bidang pemerintahan mengucapkan terimakasih kepada Ketua RT lama, yang sudah mengemban tugas sebelumnya hampir 20 tahun. Ia berharap, ketua terpilih untuk segera merapatkan barisan membentuk tim formatur pembuatan struktur organisasi RT. (edy)

baca juga :  Awal April, 3 Laka Lantas di Jember Telan Korban 3 Luka dan 1 Tewas
Reporter : Biro Jember

baca juga

Warga Lingkungan Kebondalem Gelar Jalan Sehat Merah Putih

Syaifuddin

Wali Kota Banjarmasin Belajar Jadi Tuan Rumah Festival HAM Tahun 2020

Syaifuddin

Tim Kompor Malang Sabet Juara Pertama Fishing Competition

Syaifuddin