Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

Anggota Komisi II DPR Apresiasi Inovasi Kantah Surabaya II dengan Keterbatasan Sarpras

Anggota Komisi II DPR Rahmat Muhajirin foto bersama Kepala Kantah Surabaya II, Lampri dan jajaran.

Surabaya, memorandum.co.id – Anggota Komisi II DPR RI, Rahmat Muhajirin melakukan kunjungan kerja perorangan ke Kantor Pertanahan Kota Surabaya II, Jumat (10/9).

Kunjungan Wakil rakyat Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo ini sebagai tindak lanjut kunjungan Satgas Mafia Tanah ke Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Timur beberapa hari lalu.


“Kunjungan ini sebagai tindaklanjut kunjungan sebelumnya di Kanwil BPN Jatim. Dimana kita ingin mendapatkan masukan terkait mafia tanah. Karena banyak permasalahan kasus pertanahan di Provinsi Jawa Timur yang kami dengar, ” ujar polisi asal Fraksi Partai Gerindra ini.

baca juga :  Pemkot Terima 142 SHP dan 44 PBT dari Kantah Surabaya I dan II

Usai berdiskusi dengan kepala kantor dan jajaran dilanjutkan dengan memantau pelayanan di Surabaya II. Melihat kondisi yang ada, Rahmat Muhajirin mengapresiasi prestasi dan inovasi-inovasi layanan di Kantor Pertanahan Kota Surabaya II dengan keterbatasan sarana dan prasarana.

“Justru dengan kurang memadainya sarana dan prasarana, BPN Surabaya II dapat memberikan pelayanan pertanahan terbaik kepada masyarakat,” tandasnya.

Di sisi lain, kunjungannya ini untuk membantu dan mendampingi Kementerian ATR/BPN dalam menyukseskan program-program nasional.

“Seperti yang telah dicanangkan yaiti terpetakannya seluruh bidang tanah pada tahun 2023 dan tahun 2025 seluruh tanah di Indonesia telah bersertipikat,” sambung pria asli Sidoarjo ini.

baca juga :  Teruskan Tradisi, Kantah Surabaya II Jalin Sinergi dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak

Sementara itu, Lampri, A.Ptnh.SH.,MH selaku Kepala Kantor Pertanahan Kota Surabaya II menyampaikan rasa terimakasih atas kunjungan kerja yang dilakukan oleh Anggota DPR RI Komisi II.

Pada kesempatan itu, Lampri menjelaskan beberapa hal persoalan di Surabaya II dan capaian yang telah dihasilkan. Diantaranya kondisi secara umum Kantor Pertanahan Kota Surabaya II terkait sarana dan prasarana kantor, capaian PTSL tahun 2021 yang telah selesai, meningkatnya kualitas data pertanahan secara fisik maupun digital dengan pola TRIJUANG bersama Pemerintah Kota Surabaya dan kelurahan.

baca juga :  Pemkot Terima 142 SHP dan 44 PBT dari Kantah Surabaya I dan II

“Komitmen kami adalah dapat mewujudkan Surabaya sebagai Kota Lengkap dengan bidang tanah yang telah terukur. Hal tersebut menjadi fokus untuk persiapan launching Sertipikat Elektronik dan meningkatkan nilai EoDB di Indonesia,” beber Lampri.

Sekadar diketahui, banyak inovasi-Inovasi unggulan layanan pertanahan dan prestasi yang telah diperoleh di Kantor Pertanahan Kota Surabaya II untuk meningkatkan dan memudahkan pelayanan masyarakat.

Termasuk percepatan sertifikasi tanah aset Pemerintah Kota Surabaya dan giat penanganan permasalahan terkait Surat Ijo dan HPL bersama Permerintah Kota Surabaya. (mik)

Reporter : Sujatmiko

baca juga

Teruskan Tradisi, Kantah Surabaya II Jalin Sinergi dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak

Aziz Manna Memorandum

Pemkot Terima 142 SHP dan 44 PBT dari Kantah Surabaya I dan II

Syaifuddin