Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Lumajang

Antisipasi Banjir, TNI dan Warga Selokgondang Normalisasi Saluran Irigasi

Personel TNI dan warga membersihkan saluran air.

Lumajang, memorandum.co.id – Sebagai upaya mengantisipasi terjadinya banjir akibat lumpur saat musim hujan, Babinsa Selokgondang Koramil 0821/02 Sukodono bersama pemerintah desa dan masyarakat normalisasi saluran irigasi skunder sepanjang 250 meter di Dusun Krajan Kulon, RW 04/RT 12, Desa Selokgondang, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Kamis (8/4/2021).

Dalam kegitan itu, Babinsa Selokgondang Serka Imam Kudhori mengatakan, bahwa kerja bakti secara gotong royong merupakan sarana untuk membangun kebersaman, kesadaran maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan yang bermanfaat bagi kepentingan seluruh warga.


Lanjut dia, sebagai satuan kewilayahan yang selalu berhubungan dengan masyarakat, dirinya akan selalu memberikan dukungan kepada pemerintah di desa dan masyarakat dalam setiap kegiatan di wilayah binaan, serta menumbuhkan budaya hidup bergotong-royong kepada masyarakat.

“Dengan kegiatan ini dapat menjalin hubungan tali asih dan komunikasi sosial dengan masyarakat di desa binaan, sehingga sasaran tugas pokok pembinaan teritorial (binter) bisa tercapai sesuai harapan, serta terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat,” kata dia.

Menurut Imam, dengan kerja bakti membersihkan aliran irigasi dari sampah dan endapan lumpur, nantinya air akan mengalir dengan lancar sehingga terhindar dari banjir dan saluran irigasi juga terus terjaga kebersihannya.

“Bukan hanya jalan dan lingkungan, saluran irigasi juga perlu dijaga dan dirawat kebersihannya. Justru yang rentan terhadap sumber penyakit adalah di saluran irigasi seperti ini, terlebih apabila terjadi banjir dan genangan air, dapat dijadikan sarang nyamuk. Oleh karena itu saya berharap warga tidak lagi membuang sampahnya ke saluran irigasi,“ ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Selokgondang Masturi menyampaikan, bahwa dirinya berterima kasih atas kerja sama babinsa dengan masyarakat yang telah bersama-sama normalisasi saluran irigasi ini sehingga dapat berjalan lancar dan aman.

“Kami mengucapkan terima kasih atas peran aktif babinsa yang selalu hadir dan membantu dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat. Semoga kedekatan dan kerja sama yang terjalin dapat menunjang terwujudnya kemanunggalan yang lebih erat dan solid, khususnya di Desa Selokgondang,” pungkasnya. (*/ani/fer)

Reporter : Biro Lumajang