Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

Antisipasi Tumbang, Pohon di THP Kenjeran Dipangkas

Petugas DKRTH mengangkut bekas pemangkasan pohon

Surabaya, memorandum.co.id – Akhir-akhir ini banyak pohon besar yang bertumbangan dihantam angin kencang. Terakhir, Minggu kemarin di Jalan Raya Kertajaya Indah arah ke bundaran ITS ada pohon ambruk. Karenanya, memasuki musim penghujan, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) melakukan antisipasi dengan memotong beberapa pohon yang tumbuh di kawasan Taman Hiburan Pantai Kenjeran.

“Ini ada sekitar 12 orang yang bekerja, sudah 3 hari ini melakukan pemotongan pohon di dalam tempat wisata ini (THP Kenjeran-red),” ujar Badri selaku pengawas di lokasi, Senin (30/11/2020).


Selama 3 hari tersebut sebanyak 3 pohon yang telah berhasil dipangkas. Masing-masing dengan tinggi sekitar 10 meter.

baca juga :  DKRTH Klaim Rutin Perantingan 15 Pohon per Hari

“Tadinya petugas ini ada yang membersihkan saluran air, sapu-sapu dan yang perampingan kita tarik semua ke sini sementara karena harus cepat melakukan antisipasi ini, ditakutkan tumbang karena pohon sudah cukup tua juga,” tambah Badri.

Adapun proses pengerjaan di lokasi didukung dengan sebuah alat berat jenis DT Umbrella. Untuk alurnya, pohon yang telah berhasil dipotong dari dalam diangkut keluar menggunakan gledekan melalui pintu khusus. Sementara itu, dumb truck standby di pinggir jalan menunggu potongan pohon tadi untuk kemudian dipindahkan ke dalam bak.

baca juga :  Eceng Gondok Rusak Pompa Air di Rolak Jagir

“Kita hanya pakai 1 DT (dumb truck-red) saja, karena lalu lintas di lokasi cukup padat,” terangnya sebagai pengawas DKRTH di cabang rayon utara.

Masih kata Badri, sejauh ini aktifitas tidak menemui kendala. Soal sisa potongan pohon tersebut akan segera dikirim ke Gunung Anyar dan rencananya akan dipergunakan sebagai kompos.(mg3)

baca juga

Tumbang,  Pohon Angsana Hancurkan Kanopi dan Warung Kopi

Syaifuddin

Tiga Pilar Bersinergi Pangkas Pohon

Rakhmat Hidayat

Tekan Polusi dan Turunkan Suhu di Surabaya, Risma Bangun 573 Taman

Syaifuddin