Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Malang Kota

Apresiasi Guru Penggerak, Wali Kota Malang Ingatkan Pentingnya Pendidikan Moral

Wali Kota Malang Drs H Sutiaji mendorong para guru penggerak mengautkan pendidikan moral.

Malang, Memorandum.co.id – Walikota Malang Drs H Sutiaji mengapresiasi kepada 65 Guru Penggerak di Kota Malang dan mengharapkan para tenaga pendidik menguatkan pendidikan moral.

Ini disampaikan dalam acara Simposium Guru Penggerak bagi Wilayah Kota Malang. Yang mengusung tema “Sinergitas Guru Penggerak dengan Pemerintah Daerah dalam Proses Transformasi Pendidikan” di Harris Hotel Malang, Selasa (21/9/2021).


Disampaikan, tenaga pendidik diharapkan turut menanamkan nilai-nilai pendidikan moral, seperti penguatan karakter dan nilai Pancasila kepada anak didik yang merupakan aset bangsa. Menurutnya ini menjadi upaya dalam mendorong transformasi nilai-nilai pendidikan.

“Kami memberikan apresiasi kepada Guru Penggerak. Ini menjadi upaya mendorong transformasi nilai-nilai pendidikan, ke arah menguatkan nilai-nilai Pancasila. Jadi nilainya yang kita bangun. Karena pendidikan anak adalah aset bangsa yang harus kita bangun. Yang susah adalah membangun karakter masyarakat kita semua, dan guru turut berperan besar dalam mengemban tugas tersebut,” kata Sutiaji.

baca juga :  Wawali Kota Malang Serahkan Hibah Peralatan Video Conference

Walikota menyampaikan Guru Penggerak harus mampu menanamkan pendidikan karakter pada diri anak melalui sikap kepemimpinan, proses belajar mengajar yang menyenangkan dan tidak membebani siswa, serta pengembangan kreatifitas anak.

“Dengan Guru Penggerak ini, saya melihat nilai-nilai kepemimpinan, kegembiraan, yang tercermin dalam semangatnya. Tanamkan nilai-nilai senang dalam pembelajaran sehari-hari. Learning by doing harus kita dorong dan terapkan. Serta diimbangi dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila,” kata Wali Kota Malang.

Diharapkan Guru Penggerak ini dapat terus berkontribusi mengawal perubahan. “Dari 65 orang ini yang telah menjadi Guru Penggerak, saya berharap membawa perubahan di Kota Malang. Setiap anak pasti punya mutiara, Guru Penggerak punya nilai itu untuk menguatkan dan membesarkan mutiara pada diri anak tersebut,” urai Sutiaji.

baca juga :  PPKM Darurat, Ini Penyekatan di Kota Malang

Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Dr Subandi MM menjelaskan bahwa program Guru Penggerak ini menyasar ke berbagai daerah di Indonesia. Ia juga mengapresiasi Kota Malang yang menjadi angkatan pertama dalam Guru Penggerak.

“Kota Malang menjadi angkatan pertama yang mengirimkan Calon Guru Penggerak, dan menjadi leading. Selain Kota Malang, ada juga Kabupaten Bima dan Kabupaten Lombok Timur yang ikut di angkatan pertama ini,” urainya.

Dijelaskan, Calon Guru Penggerak sendiri diharuskan menjalani berbagai rangkaian program pendidikan dan pelatihan yang berlangsung selama 9 bulan.

baca juga :  Simpang Rajabally Terapkan Physical Distancing

Guru Penggerak adalah program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia untuk mencetak pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif, dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid. Guru Penggerak juga didorong untuk menjadi teladan serta agen transformasi pendidikan guna mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Hadir bersama Walikota Sutiaji dalam kegiatan ini Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Dr Subandi MM, Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Jawa Timur Suhartatik SPd MPsi, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Suwarjana SE MM. (ari/gus)

Reporter : Biro Arema

baca juga

Wujudkan Layanan Terbaik, Walikota Malang Koordinasi dengan Cara Ini

Aziz Manna Memorandum

Wujudkan Layanan Prima, Pemkot Malang Gelar ‘Awarding Day 2020’

Agus Supriyadi

Wawali Kota Malang Serahkan Hibah Peralatan Video Conference

Agus Supriyadi