Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madura

Baznas Salurkan Paket Bantuan kepada 200 Bumil Kurang Mampu

Bupati R Abdul Latif Amin Imron, Ketua TP-PKK Ny Zaenab Zuraidah, dan Ketua Baznas Drs KH Nuruddin A Rachman menyerahkan paket bantuan Baznas secara simbolis kepada perwakilan bumil.

Bangkalan, memorandum.co.idSinergi kemitraan bidang sosial antara Pemkab dan Badan Amin Zakat Nasional (Baznas) Bangkalan kembali digulirkan. Kali ini, di tengah gejolak pandemi Covid-19, pemkab dan baznas berinisiatif menyalurkan bantuan paket kebutuhan persiapan melahirkan kepada kalangan ibu hamil (bumil) dari kalangan keluarga kurang mampu.


“Setelah diserahkan secara simbolis oleh Bapak Bupati, paket bantuan kepada 200 bumil itu secara teknis  akan kami salurkan melalui 22 puskesmas yang tersebar di 18 kecamatan, “ kata Ketua Baznas Bangkalan Drs KH Nuruudin A Rachman, Minggu (18/10/2020).


Secara simbolis, momentum penyerahan bantuan sosial berbasis kemanusiaan  dari baznas,  itu memang sudah diterimakan Bupati Bangkalan R Abdul Latief dan Ketua Tim Penggerak PKK Ny Zenab Zuraidah, kepada perwakilan bumil, Jumat (16/10/2020), di pendopo agung kabupaten setempat.

baca juga :  Bupati Bangkalan Lantik Sembilan Pejabat Eselon II

“Paket bantuan berupa kebutuhan persiapan untuk melahirkan dari baznas ini, memang kami terimakan  khusus kepada kalangan ibu hamil dari keluarga kurang mampu,” kata Ra Latif, sapaan akrab bupati mengawali sambutan singkatnya, seusai  menyerahkan bantuan.

Bantuan itu, menurut Ra Latif, merupakan bentuk kepedulian dari basnaz yang selama ini menjalin sinergi kemitraan dibidang sosial dengan Pemkab Bangkalan. Kali ini, wujud bantuan yang disalurkan basnaz berupa paket kebutuhan persiapan melahirkan bagi komunitas bumil kurang mampu.

Realita ini sekaligus membuktikan bahwa baznas memiliki kepekaan sosial berbasis kemanusiaan. Basnaz menyadari, kalangan bumil dari keluarga kurang mampu merupakan bagian dari  warga terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang masih berkepanjangan.

baca juga :  Ada 11 Bumil di Surabaya Terpapar Covid-19

“Itu sebabnya, secara ekonomis, ibu-ibu hamil perlu dibantu ketika mereka sudah mendekati saat-saat untuk melahirkan. Kali ini berupa paket kebutuhan persiapan kelahiran. Untuk itu, saya atas nama pemkab menyampaikan terima kasih kepada basnaz,” pungkas Ra Latif, menyudahi sambutan singkatnya.

Sebelumnya, Ketua Basnaz Bangkalan Drs KH Nuruddin A Rachman SH dalam laporannya menjelaskan, bantuan kepada kalangan bumil kali ini, merupakan bagian dari kegiatan sosial yang dikembangkan baznas selama ini.

Kiai kharismatik yang intens bergerak dibidan pendidikan ini berharap, agar bantuan berupa paket kebutuhan persiapan melahirkan itu secara ekonomis bisa mengurangi beban kalangan bumil di tengah masa sulit akibat gejolak pandemi.

baca juga :  Bupati Bangkalan Lantik Sembilan Pejabat Eselon II

“Paket bantuan yang kami salurkan kali ini akan diterimakan kepada 200 bumil dari kalangan keluarga kurang mamu yang tersebar tersebar di 18 kecamatan,” tandas KH Nuruddin.

Masing-masing bumil, sambung Nuruddin, akan menerima paket bantuan senilai Rp 500 ribu. Atau total nominalnya Rp 100 juta. (ras/fer)

Reporter : Biro Madura

baca juga

Bupati Bangkalan Lantik Sembilan Pejabat Eselon II

Aris Setyoadji

Ada 11 Bumil di Surabaya Terpapar Covid-19

Aris Setyoadji