Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Malang Kota

Bea Cukai Malang Kembali Gempur Rokok Ilegal

Barang bukti yang diamankan petugas

Malang, Memorandum.co.id – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Malang terus bergerak menertibkan peredaran rokok ilegal di wilayah Kabupaten Malang.

Kepala KPPBC Tipe Madya Malang Latief Helmi mengatakan saat ini pihaknya sedang melaksanakan operasi patuh cukai terhadap ketentuan bidang cukai sejak tanggal 10 – 30 September 2020. “Operasi patuh itu bertujuan untuk menggembur peredaran rokok ilegal yang ada di wilayah hukum kami,” terang Kepala KPPBC Tipe Madya Malang Latif Helmi, Rabu (16/9/2020).

Operasi patuh ini dilakukan di Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. ini menindak-lanjuti informasi dari masyarakat adanya dugaan pelanggaran aturan bea cukai, Selasa (15/9/2020). Tim KPPBC langsung bergerak dan mengamankan sejumlah barang bukti rokok ilegal dari salah satu toko di Desa Gandusari, Kecamatan Tirtoyudo.

baca juga :  Pemkot Surabaya : Stop Rokok Ilegal !

Tim KPPBC ini mengamankan barang bukti rokok ilegal yang tidak dilengkapi dengan dokumen cukai sebanyak 29.224 batang. Diperkiraan kerugian negara mencapai sekitar sebesar Rp 13.296.920.

“Kami akan terus menerus untuk menggempur peredaran rokok ilegal atau rokok yang tanpa dilengkapi pita cukai yang sah,” tegas Latif Helmi.

Diharapkan, untuk menegakkan aturan cukai ini masyarakat dapat berperan aktif bekerjasama dengan bea cukai untuk secara bersama-sama menggempur peredaran rokok ilegal. Apabila semakin banyak peredaran rokok ilegal maka negara semakin banyak mengalami kerugian yang berimbas pada terhambatnya pembangunan yang telah direncanakan oleh pemerintah.

baca juga :  Bea Cukai Amankan 3,1 Juta Batang Rokok Ilegal

“Saya secara pribadi maupun lembaga sangat berterima kasih pada masyarakat yang telah memberi info akan adanya peredaran rokok ilegal,” kata Latif Helmi. (kid/gus)

Reporter : Biro Arema

baca juga

Pemkot Surabaya : Stop Rokok Ilegal !

Agus Supriyadi

Bea Cukai Malang Bakar Jutaan Rokok

Aziz Manna Memorandum

Bea Cukai Amankan 3,1 Juta Batang Rokok Ilegal

Agus Supriyadi