Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madura

Berkat Gebrakan Operasi Yusitisi, Sebaran Covid-19 di Bangkalan Melandai

Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra saat mengawasi kesibukan Tim Satgas gabungan ketika menggelar Operasi Yustisi di Jalan Soekarno-Hatta depan kompleks Stadion Gelora Bangkalan (SGB)

Bangkalan, Memorandum.co.id – Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra sebagai penggung jawab operasional Satgas Percepatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 melakukan gebrakan cukup strategis. Rentetan Operasi Yustisi gabungan rutin digelar di sejumlah kawasan berbasis keramaian publik.
Hasilnya pun mulai tampak. Pandemi yang sempat memburuk sejak awal September lalu, kini kembali mulai menunjukkan trend melandai (menurun). Angka pertambahan warga terpapar covid-19 sejak 15 s/d 21 September terdeteksi hanya berkisar 1 s/d 5 orang. Bahkan tiga hari diantaranya sempat zero. Tidak ada ada tambahan satupun.


Data tersebut jauh menurun jika dibanding pekan kedua dan ketiga September lalu, ketika angka pertambahan warga positif terpapar mencapai 8 s/d 17 orang per-harinya.


”Namun ketika kondisi saat ini sudah kembali membaik, ya masyarakat jangan lengah lagi,” kata Rama, sapaan akrab Kapolres, Senin (21/9/2020).

baca juga :  Polres Bangkalan Pasok Bantuan Sembako kepada Pasien Covid-19

Ke depan, komunitas rakyat Kabupaten Bangkalan yang tersebar di 18 kecamatan dengan 281 desa dan kelurahan di dalamnya harus tetap taat, patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti diamanatkan Inpres Nonor 6 Tahun 2020.

Terutama ketentuan wajib pakai masker jika sedang keluar rumah, rajin cuci tangan, serta jaga jarak ideal minimal 1,5 s/ 2 meter jika berkomunikasi dengan lawan bicara, harus benar-benar dipatuhi. Tidak boleh tidak.

Dalam sepekan terakhir ini, Tim Satgas gabungan Polres, TNI, Satpol-PP, Dinkes, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri gencar melaksanakan Operasi Yustisi gabungan disejumlah lokasi keramaian. Di antaranya dihelat di jalan simpang empat seputar Taman Paseban dan alun-alun kota, kompleks Tsation Gelora Bangkalan (SGB) di Jalan Soekarno-hatta, Pelabuhan Kamal serta di sepanjang jalan akses Jembatan Suramadu sisi Madura.

baca juga :  Kapolres Bangkalan Bubarkan Massa di Kafe dan Warkop

Vonis Hakim tunggal, Penitera dan Jaksa dalam proses peradilan kilat di lapangan berupa sanksi denda Rp 50.000 atau sanksi sosial berrpa bersih-bersih Taman Paseban, alun-alun, terminal atau pemakaman umum, nampaknya punya dampak efek jera kepada para warga pelanggar prokes. Hasilnya memang cukup menggembirakan. Gejolak pandemi yang sempat memburuk, kini kembali menunjukkan trend melandai (menurun).

“Sekali lagi saya ingatkan, masyarakat jalan lengah lagi. Ke depan displin penerapan prokes harus tetap tetap dipatuhi dan ditaati. Untuk itu, agar tidak terjadi kealpaan lagi, ke depan, kami (Tim Satgas-Red) masih akan rutin menggelar Operasi Yustisi gabungan,” pungkas Rama.(ras)

baca juga :  Kasat Lantas dan Kasubag Humas Polres Bangkalan Jalani Mutasi
Reporter : Biro Madura

baca juga

Water Canon Semprot Disinfektan Jalan Perkotaan Bangkalan

Agus Supriyadi

Wakapolres Bangga dengan Perkembangan Pencak Silat di Bangkalan

Ferry Ardi Setiawan

Viral di Medsos, Edukasi Protokol Kesehatan Ala Akting Brigpol Vicky Hartinanda Muin

Ferry Ardi Setiawan