Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Pendidikan

Berkurban, SMK KAL-1 Ajarkan Kepeduian Sosial Siswa

Para siswa SMK KAL-1 Surabaya saat mengolah daging kurban.

Surabaya, Memorandum.co.id – Satuan pendidikan di bawah naungan Yayasan Hang Tuah (YHT) Cabang Surabaya melaksanakan pemotongan hewan kurban serentak di masing-masing lingkungan sekolah, Sabtu (1/8/2020).

Seperti di SMK Khusus Angkatan Laut (KAL-1) Surabaya. Di hari kedua Idul Adha 1441 H ini digelar pemotongan hewan kurban di halaman sekolah.

Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah (YHT) Cabang Surabaya, Drs SD Seputra, SKM., MM. menjelaskan, sekolah yang menjadi binaannya melaksanakan pemotongan hewan kurban serentak.

“Hasil penyembeliahan dibagikan kepada sebagian siswa, guru, karyawan, masyarakat lingkungan sekolah serta beberapa panti asuhan atau anak yatim piatu yang telah ditunjuk serta dilaksanakan makan bersama antara siswa, guru dan karyawan di sekolah masing-masing. Hal ini untuk memupuk rasa kebersamaan antara siswa, guru dan karyawan di lingkungan YHT,” jelasnya.

SMK KAL-1 yang secara langsung termonitor melaksanakan penyembelihan hewan kurban di halaman sekolah disaksikan Kepala Sekolah, Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto MSi.

Menurut Ambar, penyembelihan hewan kurban memberikan pembelajaran berkurban kepada para siswa sebagaimana telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim atas Ismail, yang intinya adalah untuk melatih kepedulian sosial.

“Apabila kita punya kelebihan harta maka sudah seharusnya menyisihkan sebagian untuk dikorbankan dalam wujud binatang ternak dan dagingnya dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan,” cakapnya.

Sebagai pembelajaran kepada siswa, sambung Ambar, siswanya dengan sengaja diberi motivasi memupuk rasa empati kepada masyarakat lingkungannya.

“Juga melatih siswa menjadi seorang dermawan, menjadikan rizki barokah, bertaqwa kepada Allah yang akan menjadi bekal di hari akhir dan utamanya untuk memupuk sikap kebersamaan, kerja sama dengan semangat persaudaraan,” tuturnya. (alf)

Reporter : Alfin

baca juga

SMK KAL-1 Surabaya Wujudkan Siswa Berkarakter

Syaifuddin

Kepsek SMK KAL-1 Sidak Siswa Masa Pembelajaran Daring

Agus Supriyadi

Kapolres Bojonegoro Serahkan Sapi dari Kapolda Jatim ke Pondok Pesantren

Aris Setyoadji