Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Pilbup Sidoarjo

BHS Putra Daerah Sidoarjo dari Nasab Adipati Sidokare

Tim Paslon nomor 1 saat membagikan bandeng kepada masyarakat

Sidoarjo, Memorandum.co.id – Tokoh masyarakat Sidoarjo, H. Agus Salim menyebut, calon Bupati Sidoarjo Bambang Haryo Soekartono (BHS) merupakan sosok putra daerah asli Sidoarjo. Lantaran BHS masih salah satu keturunan dari para sesepuhnya Sidoarjo.

“Mbah buyutnya BHS ini adalah orang asli sini yang membabat alas Sidoarjo,” ujar H Agus Salim, Sabtu (5/12).


Agus yang juga seorang pegiat sejarah itu menyebut, BHS memang bukan kelahiran Sidoarjo. Akan tetapi jika dikupas dan diurut asal-usul nasabnya, BHS merupakan keturunan Adipati pertama Sidokare Tjokronegoro pada zaman dahulu. Yang kemudian nama Sidokare pada pemerintahan Hindia Belanda tanggal 31 Januari 1859 diganti dengan nama Sidoarjo. Yang saat ini pada tanggal bulan tersebut diperingati sebagai hari jadi Kabupaten Sidoarjo.

baca juga :  Bersholawat Bersama, Taufiqulbar Ajak Warga Pilih Calon Pemimpin Ter’BAIK’

“Beliau inilah yang membangun masjid Agung Sidoarjo depan alun – alun. Dan makamnya yang ada di sebelah barat masjid tersebut,” kata dia.

Oleh karena itu, berdasar dari penilaiannya, Agus menyebutkan, ketika BHS ini maju sebagai calon Bupati Sidoarjo, dia adalah calon bupati yang mempunyai nasab dari seorang pemimpin Sidoarjo. Ditambah sepak terjangnya yang pernah menjadi Anggota DPR – RI periode 2014 – 2019, menjadikan BHS satu – satunya calon dengan kemampuan dan pengalaman yang dimilikinya, sebagai seorang putra daerah untuk memimpin Kabupaten Sidoarjo.

baca juga :  Kunjungi Korban Kebakaran, Doa Tulus Mengalir Untuk Paslon 1

“Namun BHS ini tidak pernah menggembar-gemborkan kalau dirinya adalah putra daerah, mungkin BHS mempunyai pandangan lain jika siapapun berhak memimpin Sidoarjo yang terpenting orangnya amanah dan jujur,” pungkasnya.(bwo/jok)

Reporter : Biro Sidoarjo

baca juga

Taufiqulbar, Sosok Harapan Petani

Aziz Manna Memorandum

Projo Sepakat Menangkan BHS-Taufiq di Pilkada Sidoarjo

Aziz Manna Memorandum

Pilkada Sidoarjo, BHS Diskusi Bareng Milenial Tentang Pengelolaan Lingkungan

Aziz Manna Memorandum