Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem selama Tiga Hari


Surabaya, memorandum.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, hujan es dan lainnya.

Seperti dari laman bmkg.go.id, Minggu (22/8/2021) pukul 12.37, bahwa peringatan dini cuaca ekstrem itu mulai Minggu (22/8/2021) hingga Selasa (24/8/2021), itu merata di seluruh Indonesia. Termasuk Jatim, dan salah satunya Surabaya.


Dikatakan Ary, Prakirawan BMKG Juanda, bahwa untuk di Jatim merata seluruhnya termasuk Surabaya. Yaitu wilayah yang berpotensi angin kencang.

“Iya, karena diperkirakan merata di wilayah Jatim. Jadi wilayah Jatim memang ada peringatan dini untuk potensi angin kencang. Untuk tanggal 22 – 24 Agustus diprakirakan wilayah Jatim akan ada potensi peningkatan kecepatan angin,” ujar Ary.

baca juga :  Saksikan Fenomena Purnama Perige 8 April

Disinggung untuk angin kencang di Surabaya, akan terjadi di pesisir pantai, Ary membenarkannya. “Iya,” singkatnya.

Selain angin kencang, tambah Ary, pihaknya belum bisa memprakirakan cuaca lain yang akan terjadi di Surabaya.

“Untuk sementara ini masih angin kencang. Besok akan kami update kembali,” pungkas Ary.

Diketahui, wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada 22 Agustus dan 23 Agustus adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Sulawesi Utara.

baca juga :  Cuaca Ekstrem, Belasan Rumah Warga Rusak

Lalu 24 Agustus 2021, mengingatkan masyarakat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Untuk wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada 22 Agustus 2021 adalah Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, DKI Jakarta, dan Kalimantan Selatan.

baca juga :  Wasapadai Banjir Rob Empat Hari Berturut-turut

Untuk 23 Agustus 2021 dengan cuaca ekstrem yang sama di Riau, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Gorontalo, dan Sulawesi Tenggara. Sedangkan pada 24 Agustus 2021, adalah Riau, Jambi, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Utara. Untuk wilayah yang berpotensi angin kencang mulai 22 Agustus-24 Agustus adalah Jatim. (fer/udi)

baca juga

Waspadai Banjir Rob di Pesisir Surabaya

Syaifuddin

Wasapadai Banjir Rob Empat Hari Berturut-turut

Agus Supriyadi

Saksikan Fenomena Purnama Perige 8 April

Agus Supriyadi