Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

Bozem Median Jalan Pattimura Tidak Dilengkapi Plengsengan

Kondisi penampungan air di Jalan Pattimura.

Surabaya, memorandum.co.id – Sebelumnya, pada Desember 2019, Wali Kota Risma beserta jajarannya sempat meninjau langsung lokasi yang akan dijadikan tempat penampungan air atau bozem, tepatnya di Jalan Pattimura, Kecamatan Sukomanunggal. Kini, penampungan air tersebut sudah jadi, namun nampaknya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya setengah hati dalam merampungkannya.

“Baru jadi itu, sekitar 3 bulan yang lalu. akhir-akhir ini, sih, sudah tidak ada lagi aktifitas. Terakhir yang saya lihat ada pengerukan,” kata Agus, petugas sekurit di BFI Finance, pada Selasa (29/12/2020).


Pantauan Memorandum, penampungan air atau bozem yang berada di sepanjang Jalan Pattimura tersebut belum dilengkapi dengan plengsengan. Terlihat hanya ada anyaman bambu yang dipasang di satu titik dan tidak menyeluruh. Berbeda dengan bozem yang ada di Jalan Mayjen Sungkono yang digarap lebih serius dengan memperkokoh plengsengan.

“Sekarang kan sudah memasuki musim penghujan, ditakutkan kalau tanahnya terus tergerus air bisa longsor kan, apalagi banyak pohon yang berdiri di situ,” ujar Antony, warga Darmo Permai, saat dimintai tanggapan terkait kondisi penampungan air di Jalan Pattimura.

Sementara itu, Kepala Bidang Pematusan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya, Eko Juli Prasetya mengatakan, bahwa bozem hanya dibuat seperti itu. “Dulu bu wali (Tri Rismaharini, red) minta dibuatkan bozem di tengah median,” jelasnya.

Tambah Eko, bahwa pengerukan itu selanjutnya dipasang anyaman bambu saja. “Minimal bisa mengurangi banjir. Harapan bu wali dari tengah Jalan Kupang Jaya, air bisa masuk ke bozem. Dan itu dikerjakan satgas,” pungkas Eko.

Adapun tujuan pembangunan saluran air tersebut dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sebagai upaya mengantisipasi genangan air. Wali Kota Risma pernah mengatakan, penampungan air di Jalan Pattimura tersebut berfungsi untuk mengatur jalannya air agar tidak turun deras mengingat jalan di sana menurun ke selatan. (mg3/fer)