Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Batu Malang Kabupaten Malang Raya Pilkada Kab Malang Polres Batu

Bulatkan Tekad, Wujudkan Pilkada Kabupaten Malang Sehat dan Jurdil

Deklarasi dan penandatanganan pakta integritas untuk menyukseskan Pilkada Kabupaten Malang.

Malang, memorandum.co.id – Mewujudkan Pilkada Kabupaten Malang 2020 yang demokratis, Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Malang menggelar sosialisasi pengawasan tahapan Pilkada Serentak Bupati – Wakil Bupati Malang 2020 serta deklarasi dan penandatanganan pakta integritas bersama ‘Jaga Pemilu Sehat dan Jurdil’, di Hotel Atria Jalan Letjend S Parman, Kota Malang, Jumat (25/9/2020).


Kegiatan yang dihadiri sekitar 70 orang ini meneguhkan komitmen bersama menjaga stabilitas kamtibmas Kabupaten Malang selama pelaksanaan pesta demokrasi.


Ketua Bawaslu Kabupaten Malang Mohammad Wahyudi menyampaikan, penyelenggaraan pilkada dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat sehingga kegiatan sosialisasi tidak bisa dilaksanakan seperti biasanya.


“Mohon dukungan kepada paslon, ormas, media dan pihak terkait dalam pengawasan pelaksanaan pilkada. Saya juga meminta pasa paslon dalam pelaksanaan kampanye juga mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Dalam pelaksanaan pengawasan kampanye akan dibentuk pokja yang melibatkan semua pimpinan di daerah, termasuk gugus tugas. Dan untuk ijin kegiatan kampanye akan diserahkan pada gugus tugas.

Sementara itu, Kapolres Malang AKBP Hendri Umar SIK MH mengatakan, pengamanan pilkada serentak merupakan kegiatan rutin yang sudah dilaksanakan, namun saat ini berbeda karena dalam masa pandemi Covid-19.

“Tugas Polri saat ini semakin kompleks, yaitu menangani Covid-19, membantu memulihkan perekonomian, mengamankan setiap tahapan pelaksanaan Pilkada 2020, pelaksanaan tupoksi Polri,” katanya.

Untuk itu, Polri tidak bisa bekerja sendiri sehingga perlu dukungan dan bantuan dari seluruh eleman masyarakat dalam mewujudkan kondusifitas di wilayah Kabupaten Malang.

Tahapan kampanye menurutnya merupakan tahap krusial. Dalam hal ini, Polri bersama TNI akan hadir mengamankan setiap tahapan pilkada.

“Kapolri telah mengeluarkan Maklumat nomor 3 pada bulan September tahun 2020 tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemilihan tahun 2020,” jelasnya seraya menegaskan netralitas Polri.

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama meminta pada penyelenggara pemilihan dan pihak terkait agar melaksanakan tahapan pilkada dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Mohon pada paslon untuk ikut membantu dengan menyampaikan kepada para pendukungnya untuk patuh protokol kesehatan agar dalam pelaksanaan pilkada tidak menjadi kluster baru penyebaran Covid-19,” harapnya.

Dandim 0818 Kabupaten Malang-Batu Letkol Inf Yusuf Dody Sandra SIP MIPol menyampaikan penekanan Panglima TNI yaitu meningkatkan kesiagaan di wilayah dengan menurunkan ego sektoral dan meningkatkan koordinasi, cegah dini dan deteksi dini, waspadai kerawanan pemilu, politik identitas, disrupsi sosial, jaga kepercayaan rakyat terhadap TNI dan Polri.

“Jaga sinergitas TNI, Polri dan stakeholder lain serta jadikan TNI, Polri dan stake holder sebagai teladan perekat kemajemukan bangsa,” katanya.

TNI merupakan garda terdepan bangsa untuk menyukseskan penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2020 sebagai jaminan stabilitas keamanan nasional.

Calon Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto menyampaikan sepakat untuk menjaga suksesnya pilkada. “Kami bersepakat dan berkewajiban menjaga proses pemilu yang sehat dan jurdil, akan kami laksanakan komitmen tersebut dengan jurdil dan sehat untuk seluruh warga Kabupaten Malang,” katanya.

Calon Bupati Malang Lathifah Sohib menyatakan siap melaksanakan pakta integritas. “Karena kami juga punya komitmen yg sama yaitu pilkada yang jurdil dan sehat,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, Dandim 0818 Kabupaten Malang-Batu Letkol Inf Yusuf Dody Sandra, Ketua Bawaslu Kabupaten Malang Mohammad Wahyudi, Ketua KPU Kab Malang Anis Suhartini, Cabup Malang nomor urut 1 Didik Gatot Subroto, paslon cabup-cawabup nomor urut 2 Lathifah Sohib dan Didik Budi Muljono, bapaslon perseorangan Malang Jejeg diwakili Febri Andi A, partai politik pengusung paslon, tim pemenangan paslon, FKUB Kabupaten Malang, media, dan ormas. (*/ari/fer)

Reporter : Biro Arema