Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jember

Bupati Jember: Jelang Idul Fitri Harga di Pasar Tanjung Normal dan Stok Aman

Bupati Jember H. Hendy Siswanto dan Wakil Bupati KH MB Firjaun Barlaman bersama Dandim 0824 Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin di Pasar Tanjung

Jember, Memorandum.co.id – Sehari jelang perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 Masehi di masa pandemi covid-19, Bupati Jember dan Wakil Bupati didampingi Kapolres dan Dandim 0824/Jember melakukan inspeksi mendak (Sidak) ke beberapa pasar, Selasa (12/5/2021).

Sidak dilakukan dalam rangka memantau perkembangan stok dan harga pangan menjelang Idul Fitri.


Bupati Jember mengatakan, secara umum stok dan harga normal-normal saja dan tidak ada kelangkaan dan ketersediaan cukup.

“Harga normal-normal saja, tidak ada kenaikan dan stok cukup, hanya cabe rawit dan daging sapi yang terjadi sedikit kenaikan yang disebabkan permintaan konsumen meningkat jelang lebaran,” kata H. Hendy Siswanto.

baca juga :  TKI Asal Jember Meninggal di Malaysia, Keluarga Berharap Pemkab Jember Bantu Pulangkan Jenazah

Selebihnya, Bupati Hendy Siswanto dan Wabup Gus Firjaun mendapatkan keluhan fasilitas pasar banyak atap yang bocor dan masih marak pedagang meluber di Jl dr Wahidin Sudirohusodo (etan pasar) yang sangat mengurangi pendapatan pedagang resmi di lantai 2.

“Tentunya harus diperbaiki dan disempurnakan lagi serta dilakukan kajian semua pasar tradisional di Jember untuk mendongkrak perekonomian rakyat,” beber Bupati Jember.

Selebihnya akan memaksimalkan fungsi pasar.

“Berjualan itu ya di pasar bukan di jalan raya, kembalikan fungsinya, kembalikan haknya masing-masing. Kalau jalan raya ya untuk jalannya mobil, kalau pasar ya tempat berjualan, dan berjualan di jalan raya dan di trotoar tidak boleh lagi, semua itu ke depannya akan ditertibkan,” pungkasnya.

baca juga :  Plt Bupati Jember Siap Bahas APBD 2020 dan 2021

Sementara Kepala Mantri Pasar Tanjung, Mistarianto menerangkan, harga Daging Sapi Murni sebelumnya Rp 110,000/kg menjadi Rp 130,000 naik Rp 20,000 setara naik 18.18%, sedangkan Daging Ayam Broiler/kg Rp 34,000 berubah Rp 35,000 naik Rp 1,000 naik setra 2.94%, Sementara Daging Ayam Kampung/kg Rp 57,000 tidak ada perubahan harga.

Selebihnya, lanjut Mistarianto, harga Cabe Rawit/kg Rp 45,000 menjadi Rp 57,000 naik Rp 12,000 setara 26.67%, untuk bawang merah Rp 30.000 dan bawang putih Rp 23.000 keduanya tidak terjadi kenaikan, harga yang lain nya Ikan Asin, kacang, ketela, maupun kentang, tomat, wortel, bandeng, sayur mayur lain nya normal-normal saja. (edy)

baca juga :  Tekan Sebaran Virus, Punggawa Satgas Covid-19 Jember Gencar Gerakkan Sadar Bermasker
Reporter : Biro Jember

baca juga

Waspada Penyebaran Virus Corona, Pemkab Jember Perketat Lima Gerbang Masuk

Rakhmat Hidayat

Waspada Corona, Pemkab Jember Batasi Jam Operasional Pasar Tanjung

Aziz Manna Memorandum

Warga Mrapah Tunggu Ketegasan Trantib Kaliwates Soal Bangunan di Atas Trotoar

Aziz Manna Memorandum