Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jember

Bupati Jember Pasang Wastafel dan Kampaye 6 Langkah Cuci Tangan


Bupati Jember, Faida saat mengkampanyekan 6 langkah cuci tangan.

Jember, Memorandum.co.id – Pemerintah Kabupaten Jember terus berupaya melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus corona. Salah satunya dengan memasang tempat cuci tangan atau wastafel portable di sejumlah titik. Seperti di lembaga pendidikan, pasar, perkantoran dan fasilitas umum.

Pemasangan wastafel pada fasilitas umum di antaranya terletak di Jalan Sudirman, Alun-alun, Pasar Tradisional (Tanjung dan Mangil) dan Taman Hijau Mangli.

Pemasangan dilakukan saat malam hari, menurut Bupati, karena mumpung sepi. Seperti di Pasar Tanjung, yang tidak sedang tidak terlalu ramai, sehingga di pagi hari fasilitas cuci tangan untuk pedagang dan pembeli ini bisa digunakan.

“Ini kita pasang alat cuci tangan dan sabunnya, hand sanitizer, dan pembagian masker. Masyarakat juga kami ajari enam langkah cuci tangan yang benar, disertakan juga dengan contoh gambar,” terang Bupati perempuan pertama di Jember ini, tadi malam.

Bupati menyampaikan, pemasangan wastafel dilakukan supaya masyarakat dapat membiasakan dan menggunakan dengan mudah agar terbiasa menjaga kebersihan diri.

“Kita perlu menjaga diri, karena kita sedang berjuang mencegah penularan Covid-19. Masyarakat harus menjaga dirinya menggunakan air mengalir dan sabun,” ungkapnya.

Bupati juga menyarankan masyarakat tidak perlu ke pasar kecuali belanja. Jika pedagang sakit flu dan batuk, maka tidak usah ke pasar. Pedagang juga diimbau untuk berjualan dengan menjaga jarak satu meter satu sama lain, supaya menjaga tidak terjadi penularan.

“Baik dari pemerintah, relawan, PMI, tokoh masyarakat, dan semua pihak serentak membersihkan fasilitas tempat umum, pemasangan dan pemberian wastafel dalam waktu dekat Pemkab Jember akan merambah ke pondok pesantren dan masjid,” beber Faida.

Menanggapi hal ini, masyarakat Jember mengaku sangat senang. Sebab mereka bisa langsung mencuci tangan ketika kotor di jalan. Sehingga virus-virus yang nempel pada tangan bisa cepat hilang usai mencuci tangan.

“Saya dan warga Jember yang lain senang dengan dipasangnya wastafel ini. Karena ketika tangan saya kotor di jalan bisa langsung mencucinya. Sehingga kotoran yang nempel di tangan bisa langsung hilang,” papar Sulastri, Warga Jl. dr Sutomo, Kelurahan Kaliwates, Minggu (22/3/2020).

Menurut Sulastri, dengan mencuci tangan di air yang mengalir pakai sabun sampai bersih bisa mencegah penyebaran virus corona, yang saat ini sedang pandemi. Virus corona sendiri sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian bagi penderita.

“Kami berharap penyebaran virus corona ini segera berakhir, sehingga warga Jember tidak lagi dihantui dengan virus corona dan bisa beraktivitas dengan tenang,” ungkapnya.(*)

baca juga

Wonerejo Sterilisasi Wilayah Cegah Corona

Aziz Manna Memorandum

Waspada Corona, Pemkab Jember Batasi Jam Operasional Pasar Tanjung

Aziz Manna Memorandum

Waspada Corona, Kecamatan Sambikerep Larang Warga Keluar Rumah

Aziz Manna Memorandum