Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Lumajang

Bupati Prihatin Banyak Anak Muda Lumajang Langgar Protokol Kesehatan

Bupati didampingi Kapolres bersama Kajari Lumajang saat melihat langsung para pelanggar di tenda penindakan.

Lumajang, Memorandum.co.id – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq bersama jajaran Muspida dan OPD menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan berdasar Inpres No.6 tahun 2020.

Puluhan personil gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub Lumajang diterjunkan guna ikut mengamankan operasi tersebut, Selasa (15/9/2020) malam.

Razia diawali dengan apel bersama yang dilanjutkan dengan gelar pasukan di halaman Mapolres Lumajang yang dipimpin langsung oleh Bupati didampingi Kapolres Lumajang. Setelah diberikan arahan, puluhan personil gabungan dikerahkan ke Alun-Alun Utara, tepatnya di depan Gedung Pemkab Lumajang untuk melakukan razia.

baca juga :  Cegah Covid-19, Polres Malang Patroli di Singosari dan Dau

Adapun sasaran dalam operasi yustisi malam itu adalah para warga maupun pengendara roda 2 mapun roda 4 yang melintas dan kedapatan tidak memakai masker. Para pelanggar langsung digiring ke tenda yang telah dipersiapkan untuk mendapatkan sanksi administrasi berupa surat pernyataan.

Kepada sejumlah awak media yang meliput kegiatan tersebut, Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq itu mengatakan, berdasarkan peraturan Gubernur jawa Timur dan peraturan Bupati terkait dengan aturan protokol kesehatan salah satunya menggunakan masker.

“Oleh Karena itu, malam ini sekaligus kita lakukan penindakan. Beberapa tadi sudah diproses persidangan yang secara cepat kita beri langkah-langkah penindakan untuk penyampaian peringatan. Dan ini adalah tindak pidana ringan kemudian akan kita lanjutkan besok hingga kita betul-betul memastikan bahwa masyarakat Kabupaten Lumajang patuh terhadap peraturan kesehatan kita semua ingin menjaga agar virus tidak semakin menyebar,” paparnya.

baca juga :  Sambil Gowes, Khofifah Bagikan Masker dan Sembako Gratis di Kota Malang

Menurutnya, kepatuhan masyarakat untuk memakai masker masih rendah, terutama di kalangan anak muda.

“Malam ini diidentifikasi 8 pelanggaran terhadap protokol kesehatan. Dan ini tentu akan terus kami lakukan evaluasi. Seharusnya anak muda yang lebih patuh terhadap aturan protokol kesehatan tapi ternyata malam ini tidak. Jujur banyak anak muda yang melanggar terhadap protokol kesehatan dan itu nyata terjadi malam,” pungkas Cak Thoriq. (tri)

Reporter : Biro Lumajang

baca juga

Wabup Minta Kendala Layanan Segera KTP-E Diatasi

Rakhmat Hidayat

Wabup Lumajang Apresiasi BPJS Ketenagakerjaan

Aris Setyoadji

Video : Wajib Pakai Pelindung Wajah di Kecamatan Tambaksari

Aris Setyoadji