Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madura

Bupati Serahkan Batuan Enam Unit Mobil Operasional Untuk BUMDes

Bupati R Abdul Latif Amin Imron  menyerahkan bantuan enam unit mobil pikap kepada BUMDes.

Bangkalan, memorandum.co.id – Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron menyerahkan bantuan enam unit mobil pikap kepada enam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di empat kecamatan, Kamis (36/8/2021). Bantuan tersebut, diproyeksikan untuk menopang kegiatan operasional sektor usaha di masing-masing BUMDes.

“Selain itu, batuan enam unit mobil itu diniati pula untuk membantu kepentingan sosial, khususnya transportasi di lingkup pedesaan. Intinya, ya untuk membantu kepentingan rakyat desa,” kata Ra Latif, usai menyerahkan bantuan di pendopo agung Kabupaten Bangkalan.


Ra Latif menjelaskan, pengadaan bantuan enam unit mobil pikup itu sumber dananya berasal dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN Bidang Transportasi kelolaan Kementerian Desa, Pembangunan Desa dan Transmigrasi.”Jadi berasal dari pemerintah pusat,” tandas Ra Latif.

baca juga :  War-LA Pendobrak Ekonomi Pedesaan 

Selengkapnya, batuan tiga dari enam unit mobil pikup itu diserahkan langsung Ra Latif, masing-masing kepada BUMDes Joko Tarub di Desa Pandang Lanjang, Kecamatan Arosbaya, BUMDes Sakera di Desa Lombang Dajah dan BUMDes Rindu Alam di Desa Pangeran Gedungan, Kecamatan Blega.

Tiga unit mobil pikup lainnya, diterimakan kepada BUMDes Restu Ibu di Desa Sen Asen dan BUMDes Cempaka di Desa Sambiyan, Kecamatan Konang, serta BUMDes Cabun Jaya Makmur di Desa.

Sejatinya, Pemkab Bangkalan, menurut Ra Latif, mengusulkan batuan mobil transortasi untuk BUMDes lebih dari enam unit.” Tetapi untuk sementara, bantuan untuk BUMDes di Kabupaten Bangkalan, baru disetujui enam unit mobil,” tutur Ra Latif.

baca juga :  Polemik P2KD Mrandung Tuntas, Bupati Bangkalan Menangkan Perkara Gugatan di PTUN Surabaya

Ke depan, Pemkab melalui Kementerian Desa, Pembangunan Desa dan Transmigrasi, secara bertahap akan terus mencoba jemput bola, agar semua BUMDes yang tersebar di 273 desa dari 281 desa dan kelurahan yang tersebar di 18 kecamatan, bisa merata mendapat bantuan serupa.

Caranya, Pemkab Bangkalan akan rutin mengajukan usulan kepada Pemerintah Pusat melalui Kementrian terkait. ”Usulan itu akan rutin kami ajukan setiap perubahan tahun anggaran,” tegas Ra Latif.

Terakhir, kepada enam kepala desa (kades) penerima bantuan, Ra Latif titip beberapa pesan. Di antaranya, peruntukan mobil bantuan itu jangan dimonopoli oleh kades. Sebaliknya, sejalan dengan tujuannya, mobil itu harus benar-benar dioperasionalkan untuk menopang kegiatan sektor usaha BUMDes.

baca juga :  Bupati Instruksikan Bansos untuk Warga Terdampak Covid-19 Terus Bergulir

“Jangan lupa, peruntukan mobil bisa pula dioperasionalkan untuk membantu kepentingan sosial di lingkup warga pedesaan,” pungkas Bupati R Abdul Latif Amin Imron. (ras).

baca juga

War-LA Pendobrak Ekonomi Pedesaan 

Syaifuddin

Polemik P2KD Mrandung Tuntas, Bupati Bangkalan Menangkan Perkara Gugatan di PTUN Surabaya

Ferry Ardi Setiawan

Pemprov Kucurkan Bantuan Rp 23,725 Miliar untuk Pemberdayaan Usaha Perempuan

Ferry Ardi Setiawan