Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Beranda » Tapal Kuda » Madura » Bupati Sumenep Pimpin Sertijab Karutan
Madura

Bupati Sumenep Pimpin Sertijab Karutan



Sumenep, Memorandum.co.id – Bupati A Busyro Karim menghadiri acara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Rutan (rumah tahanan) Kelas II B Sumenep yang baru Agus Salim, Selasa (14/1).
Agus Salim menggantikan Beni Hidayat yang menempati pos baru sebagai Karutan Kelas I Sukamiskin Bandung. Dalam sambutannya, bupati menyentil peredaran narkoba yang cukup tinggi di wilayahnya. Ia membeberkan data jumlah warga binaan Rutan Kelas II B Sumenep yang mencapai 300 orang, sebanyak 70 persen tersangkut kasus narkoba.
“Mencegah peredaran narkoba di Kabupaten Sumenep sangat sulit, bahkan mempunyai tantangan tersendiri. Karena secara geografis terdiri dari daratan dan kepulauan yang menyebabkan para pelaku narkoba sangat mudah untuk mengirim barangnya. Kabupaten Sumenep memiliki 126 pulau, itu menjadi kendala yang sangat berat untuk mencegah masuknya narkoba via transportasi laut,” terang bupati.
Karenanya, bupati berharap seluruh pihak terkait meningkatkan kerja sama untuk memberantas narkoba di Kabupaten Sumenep. Apalagi dalam beberapa kasus sudah menyasar anak-anak hingga remaja. “Kita harus bersama-sama mencegah peredaran narkoba agar pengguna narkoba di Sumenep berkurang di tahun-tahun mendatang,” imbuhnya.
Bupati Busyro juga berharap Rutan Kelas II B Sumenep terus meningkatkan pembinaan kepada penghuni rutan. Karena pembinaan itu penting sebagai bekal kelanjutan hidupnya, setelah mereka keluar atau bebas dan kembali ke tengah-tengah masyarakat.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada kepala rutan yang lama atas kinerjanya selama ini terutama pembinaan kepada warga binaan seperti membatik, tanfiz, dan kegiatan lainnya. Mudah-mudahan kepala rutan baru melanjutkan kegiatannya dan meningkatkan kegiatan positif lainnya,” tandas bupati.
Mendapat paparan tersebut, Agus Salim berjanji akan melanjutkan kegiatan positif yang telah berlangsung di masa kepemimpinan sebelumnya. Ia juga mengaku akan membuat program tambahan yang bermanfaat bagi penghuni rutan. “Termasuk melanjutkan sinergi dengan Forkopimda Sumenep,” tegasnya. (aan/epe)

Editor / Reporter

baca juga

Pemkab Sumenep Raih Dua Penghargaan dari BPKP

dayat memorandum

Fattah Jasin Janjikan Rp 300 Juta Per Desa

dayat memorandum

Puting Beliung Terjang 23 Bangunan di Ketawang

Agus Memorandum