Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Kediri

Cegah Covid-19, DLHKP Terjunkan 10 Unit R3 Modifikasi Kendaraan Semprot

Armada R3 DLHKP Kota Kediri semprotkan disinfektan.

Kediri, memorandum.co.id – Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri saling bekerjasama melawan pandemi. Tak ketinggalan, Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (DLHKP) juga turut ambil bagian, ikut melakukan penyemprotan disinfektan di jalan-jalan protokol di Kota Kediri.

Pada penyemprotan ini DLHKP menerjunkan sebanyak 10 armada roda 3 (R3) bermutan tanki air berkapasitas 500 liter yang dimodifikasi, untuk menyemprot jalan protokol dan gang-gang kecil di Kota Kediri. Kemudian juga ada dua unit truk tanki berkapsitas 5.000 liter untuk mensuplai air.

Kepala DLHKP Kota Kediri Didik Catur mengatakan, ada 20 anggota dan 5 anggota cadangan yang ditugaskan melakukan penyemprotan disinfektan. Sebanyak dua anggota bertugas mengoperasikan 1 motor R3. Yakni 1 orang mengendarai motor dan 1 orang lagi melakukan penyemprotan.

“Motor ini sudah dimodifikasi, masing-masing membawa 500 liter disinfektan dan penyemprotannya dengan menggunakan diesel. Dengan 10 motor R3 ini jadi total kapasitas disinfektan ada 5000 liter,” ujarnya, kemarin.

Di samping itu, Didik Catur juga berpesan agar masyarakat tetap mematuhi anjuran pemerintah, dengan melakukan pembatasan sosial atau social distancing, mengenakan masker ketika bepergian, dan menerapkan perilaku hidup sehat dengan mencuci tangan pakai sabun ketika masuk atau keluar ruangan.

Hal senada juga disampaikan M Fajar, Kepala Seksi Observasi Lingkungan DLHKP Kota Kediri.

“Kita mengikuti program pemerintah Kota Kediri untuk melakukan penyemprotan masal sejumlah titik yang telah ditentukan. Dalam penyemprotan masal ini, DLHKP mengerahkan 10 unit R3 masing-masing mengangkut tanki air 500 liter, yang setiap unit kendaraan berisi 2 personel. Jadi totalnya 20 personel yang diterjukan. Dengan sasaran gang-gang kecil,” ujar Fajar.

Fajar juga berharap penyemprotan ini dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Kami berharap agar masyarakat mentaati peraturan pemerintah, yaitu stay home atau di rumah saja. Kalaupun tetep keluar dengan kepentingan yang sangat mendesak jangan lupa pakai masker, dan jangan lupa cuci tangan sebelum atau sesudah melakukan kegiatan serta jaga jarak dan serta jangan meludah sembarangan,” harapnya.

Adapun rute yang dilalui rombongan armada penyemprot disinfektan, dimulai dari halaman Balai Kota Kediri menuju ke arah selatan melewati Jalan Dhoho, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Urip Sumoharjo, ke arah Timur menuju Jalan Perintis Kemerdekaan sampai Jalan Super Semar.

Sampai di simpang 4 Bence, kendaraan menuju ke arah utara melintasi Jalan Kapten Tendean. Kendaraan kecil disebar menuju gang-gang untuk penyemprotan disinfektan. (mis/mad/tyo)

 

baca juga

Wali Kota Kediri Umumkan Kategori Masyarakat Tidak Mendapatkan Bantuan

Aris Setyoadji

Tiga Pilar Kota Pasuruan Semprot Disinfektan Wilayah Zona Merah

Aris Setyoadji

Sinergitas Tangkal Penyebaran Virus Corona di Sidoarjo

Aris Setyoadji