Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Polres Gresik

Cegah Penularan Covid-19, Polres Gresik Kerahkan Ratusan Personel Amankan Pergantian Tahun

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto memimpin apel gelar pasukan.

Gresik, memorandum.co.id – Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto memimpin apel gelar pasukan pengamanan malam tahun baru 2021 di halaman mapolres baru Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kamis (31/12/2020).

Ratusan personel diterjunkan guna melakukan pengamanan dan mengantisipasi pelanggaran protokol kesehatan (prokes) Covid-19.


Personel tersebut terdiri dari anggota TNI-Polri, satpol PP, dinas perhubungan dan beberapa organisasi masyarakat. Total, setidaknya ada 250 personel yang ikut mengamankan malam pergantian tahun.

Sebelumnya, Pemkab Gresik telah melarang adanya perayaan tahun baru. Serta melakukan penyekatan di jalur perbatasan. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi penularan Covid-19 jika terjadi perayaan yang menimbulkan kerumunan.

baca juga :  Dua Pelaku Curanmor Kebomas Dimassa

“Pandemi Covid-19 hingga akhir tahun ini masih belum menunjukkan penurunan dan jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Gresik terus bertambah. Untuk itu kami berharap kepada seluruh stakeholder terkait, para ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk mengajak dan mengimbau masyarakat dalam menjaga stabilitas keamanan dan mencegah penyebaran covid-19,” tutur Kapolres Gresik.

Adapun cara untuk menjaga stabilitas keamanan dan menghindari penularan Covid-19 selama pergantian tahun di antaranya tidak melakukan arak-arakan atau konvoi, tidak melakukan pesta minum minuman keras, menghindari kerumunan, merayakan tahun baru di rumah saja dan lebih baik memperbanyak ibadah.

baca juga :  Manfaatkan Pelajar Sebagai Kurir, Pengedar Narkoba Antar-kota Dibekuk

Alumnus Akpol 2001 itu berharap, selama malam tahun baru masyafajat dapat menahan diri untuk tetap berada di rumah. Tetap mematuhi anjuran pemerintah dan prokes.

Sesuai dengan Maklumat Kapolri yang bertujuan untuk memutus dan mencegah mata rantai penyebaran Covid-19 serta memberikan perlindungan, menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat selama libur Nataru 2021.

“Selama malam pergantian tahun akan dilaksanakan pembatasan jam malam mulai 20.00-04.00 sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Untuk diketahui, apel gelar pasukan tersebut dihadiri Wakil Bupati Gresik Moh Qosim, Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Taufik Ismail, Kadispol PP Abu Hasan, Kakesbangpol Gresik Darman, dan pejabat utama Polres Gresik.

baca juga :  Kapolres Gresik Ajak Warga Menganti dan Balongpanggang Tak Mudah Percaya Hoax Penculikan

Setelah apel gelar pasukan, seluruh personil diberangkatkan menuju pos masing-masing. Lengkap dengan peralatan keamanan dan kesehatan seperti ambulans. (and/har/fer)

Reporter : Biro Pantura

baca juga

Zoom Meeting Bareng Mendagri Jelang Cuti Bersama, Wakapolres Gresik Diminta Antisipasi Persebaran Covid-19

Agus Supriyadi

Ziarah Makam Kanjeng Sepuh Sidayu, Kapolres Gresik Imbau Protokol Kesehatan

Ferry Ardi Setiawan

Wujudkan Gresik Aman-Kondusif, Forkopimda Gelar Deklarasi Anti Anarkis

Agus Supriyadi