Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Malang Kota

Cegah PTM, Wali Kota Malang Ajak Hidup Sehat

Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji

Malang, Memorandum.co.id – Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji mengharapkan masyarakat untuk menerapkan perilaku disiplin dan menjaga pola hidup bersih sehat untuk mencegah terkena risiko Penyakit Tidak Menular (PTM).

Ini disampaikan saat memberikan pengarahan pada Pertemuan Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) PTM Bagi Petugas dan Masyarakat Kota Malang, di Hotel Atria Kota Malang, Rabu (23/6/2021).


Wali Kota Malang menyampaikan kegiatan ini menjadi upaya literatif yang harus diviralkan oleh peserta pada masyarakat untuk mengurangi angka kesakitan, kecacatan, maupun angka kematian akibat PTM di Kota Malang.

baca juga :  Nekat Buka, Satpol PP Kota Malang Segel Toko Minol

“Ini secara literatif mereka dipahamkan tata cara penanggulangan penyakit tidak menular, nanti kita viralkan ilmu yang didapat ke masyarakat luas,” kata Pak Aji, sapaan akrab Wali Kota Malang.

Untuk mencegah resiko terkena PTM ini menurutnya masyarakat memiliki kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan.

“Kuncinya untuk terhindar dari resiko penyakit tidak menular maupun penyakit menular adalah disiplin. Biasakan untuk disiplin,” katanya.

Menjaga kesehatan ini untuk mendukung upaya pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang.

“Kesehatan masyarakat ini menjadi tanggung jawab negara, memberikan perlindungan untuk kesehatan masyarakat. Ini bukan tugas negara saja untuk pelaksanaan dan implementasinya masyarakat harus terlibat ikut mendukung,” katanya.

baca juga :  98,5% Kasus Kematian Pasien Covid-19 di Kota Malang Lantaran Komorbid

Kepala Dinkes Kota Malang, dr. Husnul Muarif mengingatkan akan slogan kesehatan ‘CERDIK’ sebagai enam strategi yang dianjurkan guna mengurangi resiko terkena PTM. Diantaranya; Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres.

“Mudah-mudahan ini bisa kita laksanakan bersama, sehingga kita bisa mendeteksi diri kita, mencegah adanya resiko dan juga mencegah terkena PTM sehingga mengurangi resiko kematian,” ujar Husnul. (*/ari)

Reporter : Biro Arema

baca juga

Wujudkan Layanan Terbaik, Walikota Malang Koordinasi dengan Cara Ini

Aziz Manna Memorandum

Wujudkan Layanan Prima, Pemkot Malang Gelar ‘Awarding Day 2020’

Agus Supriyadi

Wawali Kota Malang Serahkan Hibah Peralatan Video Conference

Agus Supriyadi