Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Hukum Kriminal

Dalih Ibu Sakit, Penjual Gorengan Tipu Rp 66,9 Juta

Terdakwa Sri Sayekti mendengarkan keterangan para saksi di PN Surabaya, Kamis (26/8).

Surabaya, memorandum.co.id – Sri Sayekti didakwa menipu empat orang temannya. Modusnya, terdakwa yang berprofesi sebagai penjual gorengan itu meminjam uang, dengan alasan untuk membiayai pengobatan ibunya yang sedang sakit. Dari para korban, terdakwa berhasil meraup uang sebanyak Rp 66,9 juta.

Bertempat di ruang Tirta l, Pengadilan Negeri Surabaya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Diah Ratri Hapsari menghadirkan tiga orang saksi yaitu, Inggrit Anggraini Pontoh, Frida Mayawati, Retno Kumalasari. Kamis (26/8).


Menurut saksi Inggrit, awalnya terdakwa meminjam uang untuk tambahan membeli tanah dan melunasi hutang-hutangnya. Dirinya mengaku mengalami kerugian sebesar Rp 13 juta.” Yang terakhir itu alasannya untuk ibunya yang sakit,” terangnya.

baca juga :  Sidang Kerusuhan di AMP Jalan Kalasan, Jaksa Hadirkan Saksi Polisi

Sedangkan saksi Frida Mayawati, mengaku mengalami kerugian sebesar Rp 39,2 juta. Uang itu, kata Frida, ia pinjamkan kepada terdakwa dalam rentang waktu Januari 2021 hingga 18 April 2021.” Dia cerita kalau ibunya sedang sakit akibat ditipu oleh orang,” jelasnya.

Sementara itu, saksi Retno Kumalasari, mengatakan dirinya dirugikan sebesar Rp 9,5 juta. Pedagang nasi bungkus itu dengan polosnya mengatakan kasihan dengan terdakwa. Dirinya tidak mengetahui kalau ditipu.” Saya kasihan pak hakim. Katanya ibunya sakit,” ucapnya.

Atas keterangan para saksi, terdakwa saat ditanya terkait tanggapannya lantas membenarkan.” Benar Pak Hakim,” ujarnya saat ditanya majelis hakim yang diketuai Khusaeni.

baca juga :  1.140 Polisi Amankan Sidang Putusan Gus Nur

Dalam kasus penipuan ini, satu orang korban lagi Evita Suciati mengalami kerugian sebesar Rp 9,3 juta.

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 378 KUHP dan 372 KUHP Jo Pasal 65 Ayat (1) KUHP. (mg5)

baca juga

Waspadai Bantuan Dana Abal-Abal Mengatasnamakan BPJS Kesehatan

Aziz Manna Memorandum

Waspada, Penipu Catut Nama Wali Kota Eri Cahyadi

Syaifuddin

Vonis 6 Bulan Untuk Pencuri HP Driver Ojol

Agus Supriyadi