Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madiun

Danrem 081/DSJ Beri Ceramah Kebangsaan di PPI Madiun

Danrem 081/DSJ usai memberi ceramah kebangsaan di PPI Madiun

Madiun, Memorandum.co.id – Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Waris Ari Nugroho memberikan ceramah kebangsaannya di PPI (Politeknik Perkeretaapian Indonesia) Madiun.

Mengawali ceramahnya, Danrem mengatakan bahwa, kondisi geografis Indonesia yang potensial telah menjadi incaran oleh negara-negara lainnya.


Untuk itulah menurutnya, diperlukan peran serta dari seluruh rakyat Indonesia, yang salah satunya para Pemuda untuk dapat menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dikatakannya juga, jika Bangsa Indonesia lahir diawali oleh kesamaan keinginan untuk lepas dari penjajahan dan memiliki kehidupan yang lebih baik untuk bebas dari penindasan, serta bebas untuk melakukan apa yang diinginkan sebagai sebuah bangsa yang dibalut dalam rasa nasionalisme, yang kemudian kerangka cita-cita nasional atau bangsa tersebut terangkum dalam pembukaan UUD 1945.

baca juga :  Antara Tugas dan Rindu di Tengah Desa Bajulan

“Sedangkan unsur yang membentuk nasionalisme Bangsa Indonesia yaitu diantaranya adanya kesatuan sejarah, suku bangsa, wilayah, budaya dan adat istiadat,” ujarnya di Auditorium PPI Madiun, Jl. Tirta Raya, Kel. Nambangan Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun, Selasa (24/11/2020).

Lebih lanjut dalam ceramahnya, Danrem mengajak kepada para Taruna-Taruni PPI Madiun untuk menjadi generasi muda yang dapat dibanggakan, yang salah satunya dengan tidak terjerumus dalam penyalahgunaan Narkoba.

“Narkoba saat ini merupakan musuh bangsa dan potensi ancaman yang serius. Untuk itu jangan sekali-kali untuk mencobanya,” tegasnya.

baca juga :  28 Perwira Korem 081/DSJ Jalani Rapid Test

Terkait adanya UU ITE saat ini, Kolonel Inf Waris Ari Nugroho menghimbau untuk dapat menggunakan media sosial (Medsos) secara bijak dan memanfaatkannya dengan baik.

Tak ketinggalan di tengah kondisi pandemi Covid-19, Danrem meminta kepada mereka untuk dapat ambil bagian dalam upaya pencegahan dan penangananannya, yang salah satunya dengan tetap patuh dalam menjalankan disiplin protokol kesehatan.

Di akhir ceramahnya ia berpesan, agar para Taruna-Taruni PPI Madiun mampu menjalankan tugas belajarnya dengan baik, karena mereka adalah calon pemimpin bangsa dan kebanggaan orang tua.

baca juga :  Cegah Penyakit Jantung, Danrem 081/DSJ Hadirkan Pakar Kesehatan Herbal

Sementara itu, Direktur PPI Madiun, Amirulloh, S.SiT., M.MTr. yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, tampak berterimakasih dan memberikan apresiasinya atas kepedulian Danrem dalam memberikan ceramah kebangsaan kepada para Taruna-Taruninya.

Dirinya optimis, bentuk kepedulian seperti itu sangat dibutuhkan sebagai bekal mereka para generasi muda untuk mengemban tugas dalam melanjutkan cita-cita perjuangan Bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan saat ini. (*/alv)

Reporter : Biro Mataraman

baca juga

Upaya Korem 081/DSJ Cegah Konflik Sosial di Wilayahnya

Aziz Manna Memorandum

Tujuh Wilayah Zona Merah Covid-19, Danrem 081/DSJ Kumpulkan para Dandim

Aziz Manna Memorandum

Tolak Bala Covid-19, Korem 081/DSJ Gelar Doa Bersama

Aziz Manna Memorandum