Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Pilwali Surabaya

Debat Publik Terakhir Pilwali Surabaya Besok Malam, Ini Temanya

Debat Publik kedua Pilwali Surabaya 2020, Rabu (18/11).

Surabaya, memorandum.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya akan menggelar debat Pilwali Surabaya 2020, Sabtu (5/12). Debat ketiga sekaligus menutup masa kampanye sebelum hari pencoblosan pada Rabu (9/12) ini bertema Sinergi Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Kebangsaan, dan diperkaya dengan lima subtema turunan.

“Tema untuk debat kedua ini terkait dengan sinergi pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan kebangsaan. Itu temanya,” beber Komisioner KPU Surabaya, Subairi, Jumat (4/12).


Subairi juga menyebutkan, subtema berdasarkan kebutuhan serta isu yang sedang berkembang di masyarakat.

baca juga :  KPU Surabaya Tegaskan Kegiatan Kampanye Patuhi Peraturan

“Setiap subtema akan diberikan kepada panelis untuk ditindaklanjuti, setelah itu tiap panelis akan memberikan satu pertanyaan untuk ditanyakan kepada paslon,” kata Subairi.

Sinkronisasi pembangunan vertikal dan horizontal, pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan, pembangunan budaya, politik dan demokrasi, wawasan NKRI dan kebangsaan, serta harmoni sosial dan persatuan nasional. Yang menjadi subtema tersebut.

Terkait hal itu, KPU telah menunjuk lima akademisi untuk menjadi panelis, sesuai pilihan mereka berdasarkan kemampuan di tiap bidang. Salah satunya adalah Rektor UIN Sunan Ampel (UINSA) Masdar Hilmy.

baca juga :  Lantik 155 PPK, KPU Tekankan Netralitas dalam Pilwali

KPU sudah menemui panelis sejak minggu lalu, pihaknya berharap panelis mampu merangkum seluruh isu yang relevan untuk menunjukkan kapasitas dan kemampuan Paslon.

“Minggu lalu kita godok panelisnya. Mereka adalah Masdar Hilmy, Achmad Room Fitrianto dari UINSA, Agus Machmud Fauzi (Unesa), Nurul Jadid (ITS), dan Hasan Ubaidillah (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo),” terang Subairi.

Untuk debat ketiga ini rencananya digelar di Dyandra Convention Center jalan Basuki Rahmat, seperti debat sebelumnya. KPU kembali memilih tempat tersebut karena lebih kondusif.

baca juga :  Sahkan 2 Paslon, KPU Surabaya Undi Nomor Urut di Hotel Singgasana Besok

Sementara itu, ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengatakan, hingga Kamis (3/12) kemarin, keputusan tempat debat masih di Dyandra Convention Center, dan belum ada pihak yang keberatan jika debat dilakukan disana.

“Namun tidak menutup kemungkinan ada perubahan, jika tempat tersebut tidak memungkinkan untuk diselenggarakan debat,” pungkasnya. (mg1)

baca juga

Syarat 6,5 Persen Dukungan Dinilai Berat,  Calon Independen Ajukan Gugatan ke MK

Syaifuddin

Surabaya Butuh 57 Ribu Petugas KPPS

Tri Haryoko

Sosialisasi Pilwali, PWI Jatim dan KPU Surabaya Ajak Media Massa Bersinergi

Aziz Manna Memorandum