Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madura

Dikawal 3.267 Aparat Gabungan, Pilkades Serentak 117 Desa di Bangkalan Aman dan Kondusif

Kapolres Bangkalan bersama Dandim 0829 melakukan pengecekan TPS di Desa Keleyan

Bangkalan, Memorandum.co.id – Impian Pemkab Bangkalan untuk bisa menggelar Pilkades Serentak 2021 dalam tatanan yang tertib, aman, lancar dan terkendali akhirya terpenuhi. Pesta demokrasi rakyat yang dihelat bersamaan di 117 desa, Minggu (2/5) sehari penuh, bergulir dalam suasana kondusif.

Tidak ada aroma konflik apapun. Terlebih kekisruhan antar pendukung Cakades yang berlaga sebagai kompetitor di masing-masing desa. Sikon di 117 desa pennyelenggara Pilkades serentak, untuk sementara, mulai dari awal hingga akhir coblosan (pemungutan suara), tenang dan adem-ayem saja.


Realita positif itu sudah barang tentu tak lepas dari peran serta pasukan kemanan gabungan yang mengawal secara ketat hajatan akbar itu. Maklum saat D’day atau hari coblosan digeber, sebanyak 3.267 personil gabungan dari Polres, Kodim 0829, Lanal Batuporon Bangkalan, serta pasukan BKO dari Polres jajaran se-Jatim plus dua batalion Brimob Polda Jatim disebar merata di 117 desa.

baca juga :  Jelang Pilkades Serentak, Kapolsek Konang Titip Pesan Jaga Kondusifitas Desa Sambiyan

Dampaknya, mayoritas warga masing desa, jadi merasa tenang, aman dan terlindungi oleh aparat keamanan. Terutama ketika mereka berbondong-bondong menuju bilik suara untuk menggunakan hak pilih mereka.

“Alhamdulillah, pelaksanaan Pilkades serentak untuk gelombang pertama tahun 2021 hari ini berlangsung terib, aman, lancar dan kondusif,” kata Kapolres Bangkalan, AKBP Didik Hariyanto, dengan raut wajah sumringah, Senin (3/5) pagi, atau sehari pascacoblosan.

Didik tak lupa juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat dan komunitas warga di masing-masing desa, yang ikut berperan serta aktif menjaga stabilitas kamtibmas dan kondusifitas wilayah desa mereka masing-masing.

baca juga :  Rapat Pilkades Ricuh, Perangkat Desa Luka Parah Kena Bacok

Keceriaan serupa, sudah barang tentu juga dipertontonkan Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron, Dandim 0829 Letkol Kav Ari Setiawan W, SSos, serta Dan Lanal Lantamal V Batuporon Letkol Laut (P) Mahfud Effendi, MTr Hanla CHRMP.
”Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Kapolres, Pak Dandim dan Pak Dan Lanal. Berkat bantuan aparat keamanan gabungan yang mereka kerahkan, pelaksanaan Pilkades serentak gelombang pertama , bisa berjalan tertib, aman, lancar dan demokratis. Semoga suasana kondusif semacam ini, bisa tetap terjaga setelah terlaksananya Pilkades di 117 desa ini,” kata Ra Latif, sapaan akrab Bupati, seusai memamtau Pilkades disejumlah desa. (dwi/ras)

baca juga :  Jaga Netralitas, Forkopimcam Tanah Merah Kawal Pelipatan Surat Suara Pilkades
Reporter : Biro Madura

baca juga

Rapat Pilkades Ricuh, Perangkat Desa Luka Parah Kena Bacok

Agus Supriyadi

Jelang Pilkades Serentak, Kapolsek Konang Titip Pesan Jaga Kondusifitas Desa Sambiyan

Agus Supriyadi

Jaga Netralitas, Forkopimcam Tanah Merah Kawal Pelipatan Surat Suara Pilkades

Agus Supriyadi