Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madura

Dikawal Ketat Forkopimcam, Sidang Penetapan Cakades Basanah Dibarengi Ikrar Pilkades Damai

Ikrar Pilkades Damai di Desa Basanah.

Bangkalan, memorandum.co.id – Tidak ada gesekan beraroma konflik politik apapun. Apa lagi kericuhan. Gelar sidang pleno dengan agenda utama penetapan Calon Kepala Desa (Cakades) untuk Pilkades Basanah yang dihelat Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD), Kamis (1/4/2021), sepenuhnya berjalan tertib, aman, lancar, dan kondusif.

Realita positif tidak lepas dari peran, fungsi dan tanggung jawab anggota Forkopimcam Tanah Merah, sebagai penanggung jawab pengamaan pilkades serentak di kecamatan setempat.


Sebab, sejak tahapan awal pembentukan P2KD pada akhir Pebruari, anggota sinergitas tiga pilar dalam wadah forkopimcam kompak berkomitmen untuk memaksimalkan pengamanan untuk semua tahapan pilkades serentak yang akan digeber di 14 desa pada awal Mei nanti.

baca juga :  Manfaatkan Hari Pasaran, Sosialisasi Prokes-Kamtibmas Polsek Tanah Merah Sasar Dua Pasar Besar

Untuk itu, setidaknya dalam sebulan terkahir ini, anggota forkopimcam, mulai dari Camat Tanah Merah Salman Hidayat, Danramil Kapten Kav Hendry Cahyo, dan Kapolsek AKP Djanu Fitrianto blusakan dari desa ke desa.

Mereka aktif beranjangsana ke sejumlah tokoh agama (toga), tokoh masyarakat (tomas), dan tokoh pemuda (Toda). Termasuk para bakal calon kepala desa (bacakades) yang akan bersaing dalam pilkades serentak.

“Kepada mereka, kami tanamkan pengertian dan pemahamanan bahwa beban tugas untuk menjaga stabilitas keamanan daerah, termasuk menjelang, saat pelaksanaan dan pasca pelaksanaan pilkades serentak, menjadi tanggung jawab bersama semua warga desa. Tidak hanya dipasrahkan kepada aparat keamanan,” kata Kapolsek Tanah Merah AKP Djanu Fitrianto, Jumat (2/4/2021).

baca juga :  Manfaatkan Hari Pasaran, Sosialisasi Prokes-Kamtibmas Polsek Tanah Merah Sasar Dua Pasar Besar

Gayung pun bersambut. Faktanya, tahapan sidang pleno dengan agenda penetapan calon kepala desa untuk Pilkades Desa Basanah yang dihelat P2KD, sepenuhnya berjalan kondusif.

Mulai dari agenda penelitian keabsahan berkas administrasi cakades, penetapan dua cakades Ra’i Susanto dan Subaidi, serta undian nomor urut cakades, semuanya berjalan tertib, lancar, aman dan proporsional. Tidak ada intrik kekisruhan.

Bahkan finishing sidang pleno, kemudian bernuara pada ikrar Pilkades damai. Itu tidak hanya dibacakan langsung oleh dua kompetitor Cakades Ra’i Susanto dan Subaidi. Tetapi juga disepakti oleh para pendukung kedua cakades. Termasuk para toga, tomas dan toda di lingkup Desa Basanah.

baca juga :  Manfaatkan Hari Pasaran, Sosialisasi Prokes-Kamtibmas Polsek Tanah Merah Sasar Dua Pasar Besar

Camat Tanah Merah Salman Hidayat, Danramil Kepten Kav Hendry Cahyo dan Kapolsek AKP Djanu Fitrianto, kompak titip pesan.

“Kami berharap P2KD bersikap netral dan fair play, agar saat pelaksanaan pilkades nanti benar-benar demokratis, tertib, lancar dan aman,” pungkas Djanu. (ras/fer)

Reporter : Biro Madura

baca juga

Manfaatkan Hari Pasaran, Sosialisasi Prokes-Kamtibmas Polsek Tanah Merah Sasar Dua Pasar Besar

Agus Supriyadi