Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Probolinggo

Disiplinkan Prokes, Masih Ada Warga Sepelekan Masker

Pengunjung pasar yang kedapatan tak disiplin protokol kesehatan langsung diberikan masker oleh petugas.

Probolinggo, Memorandum.co.id – Kesadaran masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar masih perlu terus ditingkatkan. Mengingat pandemi Covid-19 belum selesai.

Kali ini, Polsek Sumberasih jajaran Polres Probolinggo Kota blusukan masuk ke pasar Muneng untuk memastikan semua orang memakai masker, jika tidak bermasker akan langsung diberikan agar digunakan.


Aksi tersebut dilakukan personil Polsek Sumberasih Aipda Koko Trisdianto, bersama anggota Koramil Sumberasih Serka Prasetya, Kepala Pasar Muneng Sanen, personel Satpol PP, dan tenaga kesehatan Puskesmas Sumberasih membagikan masker kepada para pengunjung Pasar yang kedapatan tidak menggunakan masker.

baca juga :  Polres Probolinggo Kota Ikuti Donor Darah Sinergi HUT TNI untuk Negeri

Para pelanggar protokol kesehatan diberikan sanksi secara langsung berupa teguran lisan, dan selanjutnya juga dilakukan pendataan.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Raden Muhammad Jauhari, melalui Kapolsek Sumberasih IPTU Suyanto mengungkapkan, pendisiplinan protokol kesehatan merupakan bentuk perhatian Pemerintah melalui Kepolisian, TNI, Kepala Pasar, Satpol PP dan Tenaga Kesehatan Puskesmas kepada warga untuk menjaga diri dan menghindari penularan Virus Covid-19 yang belum berakhir.

“Selain itu, pendisiplinan protokol kesehatan juga sebagai sarana untuk mengingatkan warga yang saat ini sudah mulai mengabaikan akan pencegahan virus covid-19, seperti tidak memakai masker,” ujar IPTU Suyanto.

baca juga :  HPN, Kapolres Jauhari Beri Kejutan Kue Ultah kepada Wartawan

Polisi berpangkat balok dua di pundaknya itu menyesalkan kalangan masyarakat saat ini sudah mulai mengabaikan himbauan pemerintah untuk selalu disiplin protokol kesehatan 5M untuk mencegah penularan virus Covid -19.

Untuk itu, sebagai pengingat agar tetap menjaga diri.
Selain memberikan himbauan dan membagikan masker kepada warga yang kedapatan tidak memakai masker, pihaknya menghimbau upaya keamanan dan ketertiban masyarakat kepada pemilik toko dan lapak yang berjualan di pasar Muneng agar meningkatkan keamanan masing-masing dari aksi pencurian saat pasar sudah mulai tutup.

baca juga :  Sambil Sosialisasi, Polisi Bagi Masker kepada Pengguna Jalan

“Tingkatkan keamanan lapaknya masing-masing, jangan sampai kelengahan dan kelalaian kita merugikan diri kita sendiri,” pesannya.

Kapolsek menambahkan, adanya pelanggar protokol kesehatan merupakan salah satu bukti masyarakat belum sepenuhnya tertib. Padahal protokol kesehatan sangat penting dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

“Kita akan terus lakukan operasi yustisi penegakkan protokol kesehatan bersama instansi terkait. Tujuannya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19 yang belum berakhir,” pungkas Suyanto.(mhd/yud)

baca juga

Warga Probolinggo Masih Bandel Tak Bermasker

Aziz Manna Memorandum

Warga Kanigaran Tewas Mengambang di Sungai Gladser

Aziz Manna Memorandum

Wakapolres Probolinggo Kota: Pertegas Penerapan Jaga Jarak

Aziz Manna Memorandum