Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Kediri

Disperdagin dan DPM-PTSP Kota Kediri Fasilitasi Izin Usaha bagi UMKM

Disperdagin dan DPM-PTSP Kota Kediri memberikan pengarahan.

Kediri, memorandum.co.id – Semenjak diberlakukannya sistem Online Single Submission (OSS) yang merupakan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018, pengurusan izin usaha terasa semakin mudah. Pemilik usaha dapat mengajukan permohonan izin secara mandiri melalui platform oss.go.id.

Namun harus diakui, tidak semua pelaku UMKM dapat memanfaatkan kemudahan tersebut, lantaran keterbatasan penguasaan teknologi. Karena itu, disperdagin berkolaborasi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Kediri menyelenggarakan fasilitasi pengurusan izin usaha pada Kamis (26/11) yang diikuti 40 peserta.


Plt Kepala Disperdagin Drs Nur Muhyar melalui Kabid Perindustrian Tintawati menekankan pentingnya kepemilikan legalitas usaha bagi UMKM. “Selain memberikan jaminan kepastian hukum, banyak sekali manfaat yang akan didapatkan pelaku usaha yang telah memiliki legalitas,” ujar Tintawati saat membuka kegiatan.

baca juga :  Gandeng 7 Kampus, Skomill Bina Entreprenur Muda

Alasan inilah yang kemudian mendorong Disperdagin mengundang para pelaku UMKM yang belum berizin untuk difasilitasi pengurusan legalitas usaha.

Dalam kesempatan tersebut tim DPM-PTSP memberikan penyuluhan singkat, terkait perizinan usaha yang dilanjutkan dengan asistensi pengurusan izin untuk mendapatkan nomor induk berusaha (NIB) dan izin usaha mikro kecil (IUMK) melalui sistem OSS. Tentunya, penerapan protokol kesehatan tetap diperhatikan selama berlangsungnya kegiatan.

“Kami mengapresiasi inisiatif penyelenggaraan fasilitasi ini. Sebagai instansi pembina, Disperdagin tentu lebih memahami kebutuhan riil para pelaku UMKM. Kami dari DPM-PTSP siap bersinergi dan memberikan support penuh,” jelas Aris Kuswanto, Kasi Pelayanan Informasi yang memimpin tim DPM-PTSP Kota Kediri.

baca juga :  Owner Sitaraa Berkunjung ke Kantor Memorandum

Ke depannya, tambah Aris Kuswanto, sinergi antarunit kerja akan terus diperkuat dalam upaya memperluas kepemilikan legalitas usaha bagi para pelaku UMKM. “Hal ini selaras dengan keinginan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi kegiatan bisnis. Salah satunya melalui kemudahan perizinan,” pungkas Aris. (mis/mad/udi)

baca juga

Pemkot Kediri Gelar Pameran Produk Olahan Ikan

Aziz Manna Memorandum

Pemkot Kediri Beri Pendampingan UMKM Bikin Video Promosi

Syaifuddin

Pemkab Lumajang Fokus Perhatikan Sektor UMKM Terjang Pandemi

Ferry Ardi Setiawan