Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Ekonomi

Disperindag Siap Fasilitasi Pertemuan Pengusaha Kopi Jatim-Osaka

Pertemuan antara delegasi pemprov Jatim bersama The Sakai Chamber of Commerce and Industry.

Osaka, memorandum.co.id – Kualitas kopi asal Jatim yang masuk lima besar penghasil utama di Indonesia, hingga diakui oleh dunia, belakangan terus berkembang dan merambah ke penjuru mancanegara.

Upaya keras Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jatim pun terus dilakukan, termasuk dalam lawatan ke Osaka, Jepang. Kali ini disperindag siap memfasilitasi pertemuan antara pengusaha kopi di Osaka dan di Jatim.


Karena itu, dalam kunjungan ke perfektur atau Pemerintah Osaka kali ini delegasi disperindag yang diwakili oleh Kepala Bidang Industri Agro Hery Wiriantoro ST MMT sempat melakukan pertemuan dengan The Sakai Chamber of Commerce and Industry atau yang merupakan organisasi Kamar Dagang dan Industri (KADIN) di Provinsi Osaka.

baca juga :  Promosikan Kopi Unggulan  dan Pertukaran Pelajar, Delegasi Pemprov Jatim Diterima Prefektur Osaka

Delegasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Biro Humas dan Protokol, Kerja Sama provinsi Jatim diterima langsung oleh President The Sakai Chamber of Commerce and Industry Mr Toru Noguchi, di kantornya Nagasone-Cho, Kita-Ku, Sakai City, Osaka, Rabu (20/11).

Dalam kesempatan itu, rombongan delegasi Jatim yang juga didampingi Mr Kinosita yang merupakan senior advisor dan eksekutif direktur perwakilan dagang Indonesia di Osaka, memaparkan bila kedatangan delegasi ini merupakan awal kerja sama yang nantinya akan terus berlanjut. Ini terkait industri dan peluang kopi unggulan Jatim untuk menembus pasar Osaka.

baca juga :  Sensasi Kopi Rempah Jawa Khas Jombang, Bikin Hangat Tubuh dan Tingkatkan Imun

Hery Wiriantoro yang mewakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim menegaskan, bila perkembangan kopi di Jatim hingga saat ini sangat luar biasa. Bahkan, menjadi rujukan kopi di Indonesia. “Karena itu Disperindag Provinsi Jatim siap memfasilitasi dan mempertemukan asosiasi pengusaha kopi di Jatim dan Osaka,” ungkap dia.

Ini juga dalam rangka untuk memenuhi permintaan serta kebutuhan kopi di Osaka. Selain itu, kopi di Jatim akan lebih dikenal dan menembus pasar dunia. Seperti diketahui bila selama ini kopi unggulan Jatim telah menembus pasar Amerika, Mesir, serta Taiwan.

baca juga :  Revolusi Kopi, Tongkrongan Pilihan para Milenial

Hery memaparkan, selama ini disperindag juga telah melakukan sejumlah upaya, di antaranya pengujian standarisasi, pengujian halal, hingga uji laboratorium untuk mengetahui kadar air kopi sampai nilai kopi itu. Sehingga setelah teruji akan dikeluarkan sertifikat.

Atas penjelasan kepala bidang industri agro Disperindag Jatim itu, perwakilan kamar dagang dan industri Osaka siap menjalin kerja sama. Namun demikian, pihak Sakai Chamber of Commerce and Industry mengaku membutuhkan sejumlah kesiapan, termasuk menjajaki kopi unggulan Jatim itu dengan datang langsung ke Jatim. (yok/dhi)

baca juga

Sensasi Kopi Rempah Jawa Khas Jombang, Bikin Hangat Tubuh dan Tingkatkan Imun

Aziz Manna Memorandum

Revolusi Kopi, Tongkrongan Pilihan para Milenial

Aziz Manna Memorandum

Promosikan Kopi Unggulan  dan Pertukaran Pelajar, Delegasi Pemprov Jatim Diterima Prefektur Osaka

Syaifuddin