Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Pendidikan

Ditarget Selesai Desember, Vaksin Merah Putih Gunakan Virus Tak Aktif

Koordinator Produk Riset Covid-19 Unair, Prof Ni Nyoman Tri Puspaningsih

Surabaya, Memorandum.co.id – Dalam Penelitian vaksin merah putih, Universitas Airlangga Surabaya (Unair), Prof Ni Nyoman Tri Puspaningsih selaku Koordinator Produk Riset Covid-19 Unair mengungkapkan, ada tiga platform yang dikembangkan awalnya.

“Awalnya tiga platform yang digunakan, yakni platform classical ( inactivited) dan dua platform next generation,” ujar Prof. Nyoman, Selasa (4/5/2021).


Platform ini digunakan untuk mendapatkan protein dari bagian virus yang merupakan bagian dari antigen. Di mana antigen ini yang akan disuntikkan dalam tubuh agar mendapatkan antibodi.

baca juga :  Melalui Program UM, Unair Tumbuhkan Budaya Menulis

Namun dalam perjalan penelitian, ada satu platform yang berjalan lebih cepat dari dua platform lainnya, yakni platform inactivited yang akhirnya dipilih untuk menghemat waktu dan biaya penelitian.

“Maka dari itu platform ini yang kami jalankan hingga uji klinis. Ini salah satu strategi scientist di Unair dengan berbagai ilmu bersatu padu. Yang mana yang memungkinkan lebih awal dengan hasil lab bisa dipertanggungjawabkan maka akan diteruskan,” jelas Nyoman.

Meski demikian, kata Nyoman, dua platform next generation tetap dijalankan hingga uji pre klinis.

baca juga :  Kabinet AKSI Siap Bawa D3 Keperawatan Unair Lebih Aktif dan Berprestasi

“Platform lainnya tetap dilaksanakan penelitian sampai uji preklinis. Karena kami tidak tahu 2022 tentu namanya hasil penelitian insyaallah akan memberikan nilai manfaat,” terangnya.

Pihaknya menuturkan, terkait inactivited virus yang sudah jalan, tidaklah sembarangan. Meski sering digunakan, untuk mencari kandidat virus yang efisien juga tidak mudah.

“Dalam melakukan hal ini, perlu terobosan teknologi. Dan Alhamdulillah berhasil karena ada banyak sampel dari RSUD dr. Soetomo, RSUA, dan LPT,” pungkas Nyoman.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, menargetkan agar vaksin merah putih bisa selesai Desember 2021.(mg1)

baca juga :  Delegasi Unair Sabet 3 Juara dalam Smart Nursing Competition 2021

baca juga

Yuni Shara Meriahkan Reuni Akbar FEB Unair

Syaifuddin

Waspadai Virus Nipah, Pakar Mikrobiologi Unair Beberkan Antisipasi

Syaifuddin

Wali Kota Eri Cahyadi Pererat Sinergitas Bangun Kota Bersama PT di Surabaya

Syaifuddin