Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Gresik

Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional, Petrokimia Gresik Genjot Ekspor

Salah satu ekspor pupuk yang dilakukan Petrokimia Gresik.

Gresik, memorandum.co.id – Petrokimia Gresik mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) dengan menggenjot ekspor pupuk ZK.

Langkah strategis ini sesuai dengan dorongan Kementerian Perdagangan terhadap industri di tanah air agar terus meningkatkan neraca perdagangan Indonesia pada Kuartal II 2020 melalui ekspor. Sebab kondisi ekonomi nasional di masa AKB ini masih dihadapkan pada kondisi sulit akibat wabah Covid-19.

Selain itu juga sejalan dengan nota kesepahaman kerja sama diplomasi ekonomi untuk mendukung “BUMN Go Global” yang ditandatangani oleh Kementerian BUMN dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) pada pertengahan Juli lalu.

baca juga :  Dirut Petrokimia Dukung KPK Ungkap Kasus Jasa Pelayaran Angkutan Amoniak

Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi menjelaskan bahwa dukungan Petrokimia Gresik diberikan melalui ekspansi pasar dan peningkatan kuantum ekspor ZK. Penjualan ekspor pupuk ZK Petrokimia Gresik hingga per 14 Agustus 2020 ini sebesar 3.176 ton.

“Angka ini hampir menyentuh total penjualan ekspor pupuk ZK sepanjang tahun 2019 yang mencapai 3.350 ton,” ujar Rahmad.

Dari total penjualan ekspor tersebut, mayoritas digunakan untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri dan perkebunan di India. Selain itu, juga dipasarkan ke Pakistan, Korea Selatan, dan Uni Emirat Arab.

baca juga :  Petrokimia Gresik Sabet Dua Penghargaan  dalam Ajang SNI Award 2019

“Tahun lalu kita belum menyentuh pasar Pakistan, tapi tahun ini kita bisa. Ke depan kami juga akan menjajaki negara potensial lainnya sebagai langkah menggenjot ekspor,” terang Rahmad.

ZK merupakan pupuk Kalium Sulfat yang memiliki keunggulan sumber unsur kalium (K) dan belerang (S) dengan kadar tinggi. Keunggukan lain dari pupuk ini adalah larut dalam air dan mudah diserap tanaman, serta dapat dicampur dengan pupuk lain. (and/har/fer)

Reporter : Biro Pantura

baca juga

Terapkan Pola Pemupukan Berimbang, Panen Tomat Naik 60 %

Agus Supriyadi

Satgas Tanggap Covid-19 BUMN Serahkan Bantuan Ribuan APD 

Aziz Manna Memorandum

Satgas Tanggap Covid-19 BUMN Jatim Kucurkan Bantuan Rp 34,88 M

Aziz Manna Memorandum