Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Derap Jember

Duta Tari Kreasi Perjuangan Kodim Jember Sabet Juara Ketiga

Regu penari kreasi perjuangan asal Jember saat menerima penghargaan dan piala

Jember, Memorandum.co.id – Duta tari kreasi asal Kodim 0824/Jember berhasil menyabet juara 3 lomba (Komsos Kreatif) Tari Kreasi Perjuangan tingkat pelajar yang digelar Korem 083/Bhaladika Jaya.

Dalam upaya memacu kreatifitas dan inovasi pemuda, Korem 083/Bhaladika Jaya menggali bakat generasi muda guna mendongkrak dan melestarikan budaya nusantara.

Lomba yang digelar di Lapangan Rampal Malang Rabu (16/9) itu diikuti 9 regu (kelompok) peserta dari masing-masing perwakilan yang dikirim pihak Kodim di wilayah Korem 083/Bhaladika Jaya.

Komandan Kodim 0824/Jember, Letkol Inf La Ode M Nurdin mengatakan, lomba Komsos tari kreasi perjuangan di tingkat pelajar SMA wilayah Korem 083/ Bdj yang dibuka Kasrem 083/Bdj Letkol Inf Akhmad Juni Toa itu adalah upaya menggali bakat generasi muda.

baca juga :  Nekat Mudik ke Jember Harus Siap Diisolasi di JSG Ajung

“Dengan mengucap syukur, duta tari kreasi perjuangan tingkat pelajar SLTA dari Kodim 0824/Jember telah mendapatkan piala dan piagam penghargaan juara ketiga,” ujar La Ode, Kamis (17/9/2020).

Ajang lomba ini diharapkan bisa menggali bakat dan kemampuan yang terpendam sekaligus bisa dikembangkan sesuai dengan kemajuan dunia seni maupun gerak tari.

Bukan hanya itu saja, dijelaskan Dandim Jember, digelarnya perlombaan itu juga bertujuan untuk memberikan suatu gambaran bagi masyarakat jika TNI sangat mendukung adat istiadat dan budaya seni.

baca juga :  Safari Tahajud Agar Wabah Covid-19 Lekas Berakhir

Mantan Dandim 0831/Surabaya Timur ini menambahkan, dalam melestarikan budaya bangsa, Kodim Jember akan terus mengajak masyarakat untuk turut serta menjaga kekayaan budaya bangsa Indonesia tetap langgeng.

“Kami harap kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa kecintaan para pelajar, generasi muda ini terhadap NKRI dan budaya seni tari negara kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Bagus Samuel, Pengurus Harian Dewan Kesenian Jember yang mendampingi Anniza Dewi Tri Agustin pelatih kelompok tari asal Kodim Jember menuturkan, lomba Komsos tari kreasi perjuangan sangat tepat sekali karena menggambarkan perjuangan pendahulu dalam merebut kemerdekaan dikemas bentuk seni tari.

baca juga :  Kodim Jember Gelar Apel dan Saresehan Kesiapsiagaan Karhutla dan Bencana Alam

“Sebanyak tujuh penari menggambarkan tokoh perjuangan kemerdekaan yang dituangkan dalam bentuk tari kreasi perjuangan dengan durasi sepuluh menit, untuk mengingatkan kembali beratnya merebut kemerdekaan di kala itu,” jlentreh Bagus.

Dalam ajang ini, kelompok regu dari Kodim 0824 Jember menduduki juara ketiga, sedangkan juara kesatu disabet regu dari Kodim 0818/Malang dan juara kedua Kodim 0833/Malang Kota, sementara Juara IV Kodim 0822/Bondowoso.(edy)

Reporter : Biro Jember

baca juga

TNI-Polri Atur Pengguna Jalan Seperti Start Pembalap MotoGP

Aris Setyoadji

TNI Bersama Masyarakat  Bergotong royong Perbaiki Ratusan  Rutilahu

Syaifuddin

Spirit Jaga Kerukunan Antarumat Beragama Diwariskan ke Generasi Muda

Aris Setyoadji